SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BOYOLALI—Bagi pemudik yang menempuh perjalanan via jalan tol ruas Salatiga-Kartasura di wilayah Boyolali dan kebetulan ingin buang air kecil (BAK) atau buang air besar (BAB) bisa mampir ke toilet terdekat di wilayah ini.

Trans Marga Jateng (TMJ) sebagai pengelola tol ruas ini kini sekarang menyiapkan toilet di Km 487, Boyolali.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Biliknya pun cukup banyak. Ada delapan bilik untuk wanita dan lima bilik untuk laki-laki plus tiga urinoir sehingga bisa menampung banyak pengguna dalam sekali waktu.

Setidaknya, ini bisa mengurangi waktu mengantre. Selain itu pengguna tidak perlu risih saat BAK atau BAB karena toilet pria dan wanita ini dibuat terpisah pada dua bangunan berbeda.

Uniknya, semua toilet tersebut dibuat dengan bekas kontainer yang bagian dalamnya didesain sedemikian rupa sehingga terlihat rapi dan bersih. Selain itu, bahan ini lebih kokoh menahan angin dibandingkan bangunan semipermanen seperti pada tahun sebelumnya.

Sementara itu, meskipun berada di pinggir jalan tol yang tanpa pohon peneduh, di dalam toilet ini juga tidak terlalu terasa panas karena di dalamnya dilengkapi exhaust fan (kipas penyedot udara) untuk sirkulasi udara.

Pada sisi lain, bangunan toilet ini merupakan salah satu dari bangunan lain yang berderet di rest area Km 487.

Di rest area itu terdapat musala, pos pengamanan, pos UKM, tempat istirahat. Di tempat terpisah di lingkungan yang sama juga tersedia pos pengisian bahan bakar (BBM) Pertamina yang siap melayani kebutuhan BBM pemudik.

Kasatlantas Polres Boyolali AKP Febriyani Aer mengatakan saat ini rest area tersebut masih dalam proses pembangunan dan diharapkan selesai 25 Mei.

27 Mei

Rest area ini sekarang masih 80 persen dan kami harapkan tanggal 25 sudah selesai dan tanggal 27 mei sudah bisa digunakan,” ujarnya di sela-sela peninjauan rest area tersebut, Selasa (21/5/2019).

General Manager Teknik dan Operasi PT TMJ Rifka Paramita mengatakan selain membangun rest area 487 di Boyolali, untuk menyambut mudik 2019 ini pihaknya juga membangun rest area di km 429 Jalur B (Ungaran), km 456 Jalur B (Salatiga).

“Untuk rest area fungsional, kami dirikan di km 429 Jalur B Ungaran, 456 Jalur B Salatiga, 487 jalur A dan B,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya