Unik! Wisata Spiritual Bernuansa Jepang di Museum Sewu Rai Wonogiri

Museum di Wonogiri ini menyuguhkan hal yang berbeda dengan museum lainnya, yaitu di dalam museum terdapat wisata spiritual.

 Museum Sewu Rai Wonogiri. (Istimewa/Youtube Channel Aryuniz Official)

SOLOPOS.COM - Museum Sewu Rai Wonogiri. (Istimewa/Youtube Channel Aryuniz Official)

Solopos.com, WONOGIRIMuseum di Wonogiri ini menyuguhkan hal yang berbeda dengan museum lainnya, yaitu di dalam museum terdapat wisata spiritual. Hal itu menjadi faktor pembeda dengan museum lainnya sehingga pengunjung tak lekas bosan saat mendatangi museum ini.

Dilansir dari laman titiktemu.co, Sabtu (24/9/2022), Museum Rai terletak di Dusun Patoman, Desa Mojoreno, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah ini. Di museum ini menampilkan ratusan topeng dengan variasi ekspresi wajah berbeda-beda.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Topeng-topeng tersebut di pajang di dalam figura yang berbahan dasar kaca, terletak di ruang utama Museum Sewu Rai. Topeng yang menggambarkan berbagai ekspresi itu diletakkan di sepanjang dinding lorong yang mengitari ruang utama.

Berbagai macam ekspresi seperti sedih, tertawa yang mengandung lucu, senang, bingung dan marah tersaji di museum ini. Dengan adanya topeng ekspresi, pengunjung yang berkunjung bisa langsung berimajinasi atau sekadar menghayati karakter wajah berbeda-beda.

Museum ini bukan sekadar pameran tapi sebenarnya lebih ke wisata spiritual. Para wisatawan dapat menangkap pesan tersirat yang berada di balik topeng wajah.

Baca Juga: Jejak Pertapaan Girimanik, Petilasan Pangeran Sambernyawa di Wonogiri 

Dalam bahasa Indonesia, Museum Sewu Rai berarti museum dengan seribu wajah. Selain memiliki nama unik, museum ini juga didesain ala Negeri Matahari Terbit alias Jepang. Hal itu lengkap dengan aksesori kimono (baju adat Jepang), bunga Sakura dan payung. Jika ingin memakai kimono kalian bisa menyewa dengan harga mulai dari Rp50.000 sampai Rp100.000.

Pemandangan ala Jepang akan terlihat ketika masuk gapura museum. Didesain dengan beberapa bangunan kayu khas Jepang dan hiasan lampu lampion serta payung berwarna-warni membuat aura khas Jepang terasa lebih kental.

Selain bisa berimajinasi, pengunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang topeng ekspresi wajah. Tiket masuk di banderol senilai Rp5.000/orang. Museum ini buka setiap hari mulai 08.00 WIB sampai 16.00 WIB (weekdays) dan 08.00 WIB sampai 17.00 WIB (weekend)

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pantai Sembukan Wonogiri, Tempat Pertemuan Ratu Kidul dan Panembahan Senapati

      Pada malam-malam tertentu, pantai yang terletak di Wonogiri selatan itu acap didatangi orang dari berbagai daerah. Mereka melakukan ritual tertentu untuk meminta keberkahan.

      Jajal Jalur Kirab Kaesang-Erina, 3 Menteri Naik Kereta Kencana di Jalur CFD

      rombongan kirab sampai di depan Hotel Dana Solo. Sejumlah orang membentuk barisan berjalan dari barat ke timur. Di belakangnya ada kereta kencana. Satu kereta ditarik dua kuda. Tampak Menteri BUMN Erick Thohir mengenakan kemeja biru maroon dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengenakan pakaian biru muda.

      Kapolres Sukoharjo Gandeng Komunitas Seni Jaga Kamtibmas dan Kerukunan Warga

      Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengungkapkan komunitas seni merupakan salah satu komunitas yang harus disentuh oleh kepolisian. Mengingat banyak sekali masyarakat yang berpartisipasi dalam bidang seni.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 27 November 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Minggu (27/11/2022), bisa disimak di sini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 27 November 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Minggu (27/11/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Masjid di Ngawen Klaten Kokoh Berdiri Sendiri di Tengah Proyek Tol Solo-Jogja

      Nilai UGR yang bakal diterima untuk pembebasan bangunan masjid itu senilai Rp822 juta. Sesuai aturan, UGR yang diterima harus digunakan untuk membangun masjid.

      Pemkab Klaten Buka Lowongan 8 Jabatan Eselon II, Terbuka untuk ASN di Jateng

      Proses seleksi dilakukan oleh panitia seleksi (Pansel). Tim tersebut terdiri atas dua orang internal atau dari Pemkab Klaten dan tiga orang eksternal atau akademisi.

      Stok Kosong, Dinkes Boyolali Putar Otak Cari Vaksin Covid-19

      Puskesmas yang diinformasikan bisa melayani vaksinasi Covid-19 pada Sabtu (26/11/2022) antara lain Puskesmas Sambi, Simo, Sawit, Banyudono I, Gladagsari, Boyolali I, dan Boyolali II.

      Agenda Solo Hari Ini: Ada Padi Reborn di Lokananta hingga Pengajian Akbar NU

      Agenda Solo hari ini, Minggu (27/11/2022), cukup padat dengan Lokananta Reload yang menghadirkan Padi Reborn serta pengajian akbar Hari Santri Nasional di Pura Mangkunegaran.

      Duh. 25 Water Barrier di Jalan-Jalan Karanganyar Hilang Dicuri

      Biasanya akibat pencurian ini diketahui saat akan dilakukan pengecekan sarana atau pada saat akan digunakan untuk pengaturan arus lalu lintas.

      Sidak Konser Dewa 19 di Edutorium UMS, Anggota DPRD Solo Kecewa

      Saat sidak konser Dewa-19, anggota DPRD Solo menemukan belum diterapkannya sistem porporasi elektronik atau digital oleh Bapenda Solo.

      Sukoharjo Berawan Tebal sejak Minggu Pagi, Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Menurut prakiraan cuaca BMKG, Kabupaten Sukoharjo berawan tebal sejak pagi hari, Minggu (27/11/2022).

      Boyolali Hujan sejak Pagi Hari, Cek Prakiraan Cuaca Lengkapnya Menurut BMKG

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini diprediksi hujan sejak pagi hari, Minggu (27/11/2022).

      Hujan Minggu Malam, Simak Prakiraan Cuaca Solo 27 November

      Minggu (27/11/2022) siang hingga malam ini Solo diperkirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang menurut prakiraan cuaca BMKG.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 27 November 2022, Cukup Bersahabat

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Minggu (27/11/2022), bisa Anda simak di sini.