SOLOPOS.COM - Omah Watu milik Sutini, warga RT 002/RW 005, Desa Genengharjo, Kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri. Foto diambil Kamis (25/3/2021). (Solopos.com/M. Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI – Sutini, warga RT 002/RW 005, Desa Genengharjo, Kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri tinggal di sebuah rumah unik dan berbeda dengan tetangganya. Bentuk rumah yang menyerupai batu itu membuat masyarakat sekitar di Wonogiri menyebutnya dengan Omah Watu.

Meski rumah itu sangat mirip dengan batu, namun bangunan itu bukan terbuat dari batu asli. Rumah itu dari bahan bangunan layaknya rumah pada umumnya. Hanya saja desain rumah dibuat seperti batu berukuran besar seperti yang ada di perbukitan. Adapun luas rumah itu berukuran sembilan meter kali sembilan meter.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Baca juga: Begini Proses Penilangan Pelanggar ETLE Oleh Satlantas Polres Wonogiri

Saat Solopos.com mengunjungi rumah Sutini ddi Tirtomoyo, Wonogiri, Kamis (25/3/2021), rumah berbentuk batu itu berwarna hitam. Sebagian bangunan rumah itu juga diselimuti lumut hijau.

Ekspedisi Mudik 2024

Di sekitar rumah juga terdapat beberapa desain bangunan yang menyerupai bebatuan. Di samping Omah Watu terdapat kolam renang untuk anak-anak.

Baca juga: Waduh! Kera Gunung Gandul Wonogiri Turun, Jarah Warga yang Bawa Plastik

Tingkat Dua

Sementara itu di dalam rumah terdapat dua lantai dan berisi perlatan rumah tangga seperti, lemari, tempat tidur, meja, kursi dan lain-lain. Namun di dalamnya tidak ada sekat dinding, hanya ada empat pilar penyangga. Di dindingnya terdapat beberapa lubang yang berfungsi memperlancar sirkulasi udara atau berfungsi seperti jendela. Sedangkan pintu rumah hanya ada dua buah.

Sutini mengatakan, Omah Watu yang ia tinggali itu dibangun pada akhir 1997 dan selesai dibaangun pada 1999.

"Dulu yang membikin rumah ini suami saya. Sekarang masih kerja di Sumatra. Membuatnya bertahap, tidak sekali jadi. Sehingga penggarapannya cukup lama," kata dia kepada Solopos.com, Senin.

Baca juga: Sambal Tumpang Mbok Jami, Kuliner Legend Sragen Langganan Jokowi

Viral

Ia mengatakan, pada 2018 rumah batu di Wonogiri yang ia miliki itu sempat viral. Dampaknya, banyak orang lokal maupun luar daerah yang penasaran dan mendatangi rumahnya. Hingga saat ini beberapa orang juga masih ada yang berkunjung ke rumahnya hanya untuk sekedar melihat Omah Watu.

"Sejak viral itu banyak yang usul kalau di sekitar rumah saya ini ada kolam renangnya bagus. Intinya agar tempat ini tidak hanya viral sesaat, tapi juga bisa dikunjungi orang. Kalau ada kolam renangnya katanya semakin menarik. Kemudian anak saya membuatnya pada 2019," ungkap dia.

Sutini mengaku nyaman tinggal di rumahnya meski bentuknya berbeda dengan rumah pada umumnya.

"Nyaman dan betah. Sudah 20 tahun lebih juga tinggal di rumah ini. Ini kan sebenarnya bukan batu asli, hanya saja mirip batu. Bahan bangunannya sama seperti rumah lainnya, seperti pasir, semen, besi, batu koral dan lain-lain," kata Sutini.

Baca juga: Kayu di Jembatan Benowo Palur Tak Bisa Dipindah? Ini Kata Sesepuh Desa Ngringo Karanganyar

Jadi Tempat Wisata

Bagi pengunjung yang penasaran dan ingin mengunjungi Omah Watu serta berenang di sana cukup mengeluarkan uang Rp5.000 per orang. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam dan pegunungan di sskitarnya. Karena lokasi rumah batu di Wonogiri itu berada di dataran cukup tinggi.

Putra Sutini, Nurwono, mengatakan sejak viral 2018 banyak pengunjung yang datang ke rumah ibunya. Sebelum pandemi Covid-19, pada Minggu, bisa mencapai 300 pengunjung. Kolam renang yang dibangun itu baru berfungsi satu tahun kemudian terdampak pandemi.

"Dulu rumah saya juga di sini. Setelah menikah saya tinggal di rumah lain dengan istri saya. Kalau sebelum pandemi rumah ini dibuka pintunya. Kalau ada pengunjung langsung bisa masuk ke rumah dan kelililing," kata Nurwono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya