Unik, Vaksinasi Booster di Bolopleret "Bayar" dengan 2 Botol Plastik

Dua botol plastik bekas yang wajib dibawa dalam vaksinasi booster di Bolopleret dapat difungsikan sebagai media tanaman sayuran.

 Lansia di Bolopleret Kecamatan Juwiring Klaten mengikuti vaksinasi booster di desa setempat, Senin (17/1/2022). (Istimewa/Dokumentasi Pemdes Bolopleret)

SOLOPOS.COM - Lansia di Bolopleret Kecamatan Juwiring Klaten mengikuti vaksinasi booster di desa setempat, Senin (17/1/2022). (Istimewa/Dokumentasi Pemdes Bolopleret)

Solopos.com, KLATEN—Sebanyak 89 orang lanjut usia (lansia) mengikuti vaksinasi booster di Kantor Desa Bolopleret, Kecamatan Juwiring, Klaten, Senin (17/1/2022). Uniknya, setiap peserta yang akan divaksinasi diwajibkan menyerahkan minimal dua botol plastik bekas ke Pemdes Bolopleret sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, pelaksanaan vaksinasi booster di Bolopleret berlangsung Senin (17/1/2022) mulai pukul 08.00 WIB-11.00 WIB. Vaksinasi booster kali ini merupakan yang perdana di Kecamatan Juwiring yang terdiri atas 19 desa.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

“Kami mewajibkan para peserta vaksinasi booster membayar dengan minimal dua botol plastik bekas [dapat difungsikan sebagai media tanaman sayuran yang dapat meningkatkan ketahanan pangan keluarga]. Semuanya sangat antusias mengikuti vaksinasi. Ini bertujuan meningkatkan kepedulian lingkungan. Jadi, vaksinasi ini dapat menyehatkan warga, pengumpulan botol plastik bekas dapat menciptakan lingkungan yang bersih. Di sini, kami mengucapkan terima kasih ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Puskesmas Juwiring, dan bidan desa [termasuk sukarelawan desa],” kata Kepala Desa (Kades) Bolopleret, Kecamatan Juwiring, Catur Joko Nugroho, kepada Solopos.com, Senin (17/1/2022).

Baca Juga: Penuhi Syarat, Klaten Tunggu Dropping Dosis Vaksinasi Booster

Bidan Desa Bolopleret, Kecamatan Juwiring, Sukeksi Woro Prihatin, mengatakan vaksinasi booster kali ini diberikan ke lansia yang sudah memperoleh vaksinasi dosis I dan dosis II. Vaksinasi booster ditujukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh di tengah pandemi Covid-19. “Warga sangat antusias mengikuti vaksinasi booster. Program ini gratis dan tanpa dipungut biaya,” kata Sukeksi Woro Prihatin.

Sukeksi Woro Prihatin mengatakan tim medis di Bolopleret juga telah melakukan vaksinasi door to door. Hal itu ditujukan melayani warga yang memiliki komorbid. “Untuk door to door tadi ada 20 orang [dosisi II],” katanya.

Kapolsek Juwiring, Iptu Sumardi, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, mengatakan pemberian vaksinasi booster di Kecamatan Juwiring kali pertama dilakukan di Desa Bolopleret. Diharapkan, vaksinasi yang digencarkan di Bolopleret dapat memperkuat imunitas tubuh masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Mantap, Layanan Vaksinasi Klaten Lebihi Target Jateng

“Ya, vaksinasi booster hari dimulai di Kecamatan Juwiring. Pelaksanaan vaksinasi booster di Bolopleret berlangsung lancar,” katanya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kerusakan Lingkungan adalah Dampak Kebijakan Politik dan Pemerintahan

+ PLUS Kerusakan Lingkungan adalah Dampak Kebijakan Politik dan Pemerintahan

Urusan kerusakan lingkungan di Indonesia sebenarnya telah menjadi masalah sangat serius. Isu ini sebenarnya bagian dari domain politik. Kerusakan lingkungan adalah buah dari kebijakan dan politik.

Berita Terkini

Mau Keliling Soloraya Naik Bus Wisata Solo? Segini Tarifnya

Tarif menyewa bus wisata Dishub Solo untuk berwisata keliling Soloraya ternyata cukup ramah di kantong.

Kronologi Bus Tabrak Warung di Tawangmangu: Rem Blong dari Magetan

Kronologi kecelakaan bus tabrak warung di Tawangmangu, Karanganyar, Sabtu (25/6/2022) terjadi akibat rem blong sejak dari Magetan, Jawa Timur.

Gaji ke-13 Segera Cair Lur, DPRD dan PPPK Karanganyar Juga Dapat

Komponen gaji ke-13 adalah gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, tunjangan beras, dan tunjangan PPh, tanpa potongan.

Kecelakaan di Sukoharjo Tinggi, Sopir Ambulans Dibekali PPGD, Apa Itu?

Ketua umum Forum Ambulans Sukoharjo Bersatu (FAST), Wirawan Setiadi, mengatakan perlunya pengemudi ambulans mengetahui penanganan korban lakalantas dengan pertolongan pertama gawat darurat (PPGD).

Begini Kronologi Pegowes Asal Solo Meninggal di Karangpandan

Korban meninggal dunia diduga mengalami serangan jantung.

Nenek Hilang Diduga Hanyut di Sungai Mungkung Sragen, Ini Ciri-Cirinya

Ini ciri-ciri nenek-nenek yang hilang diduga hanyut di Sungai Mungkung Sragen.

Diduga Terjatuh di Sungai, Nenek Berusia 95 Tahun Asal Sragen Hilang

Nenek-nenek diduga terjatuh ke Sungai Mungkung.

Pegowes Asal Kepatihan Kulon Solo Meninggal di Karangpandan Karanganyar

Korban diduga meninggal dunia karena kelelahan saat gowes bersama rombongan.

Ketika Ganjar Pranowo Menari Gatotkaca Massal di Area CFD Solo

Kedatangan Ganjar menjadi magnet bagi para pengunjung CFD Solo.

Kabar Gembira! CFD Boyolali Bakal Dibuka Juli 2022

CFD Boyolali rencananya dibuka kembali pada Juli 2022.

Sejarah Desa Kenokorejo Sukoharjo Bermula dari Ide Demang Reksoko

Wilayah Kenokokorejo di Polokarto Sukoharjo menurut sejarah pada awalnya merupakan hamparan tanah tandus.

Cuaca Sragen Hari Ini Diprediksi Cerah Berawan dengan Sedikit Hujan

BMKG memprediksi cuaca di Sragen hari ini akan cerah berawan dengan kemungkinan turun hujan di siang hari.

Tak Perlu Payung, Cuaca Karanganyar Hari Ini Diprediksi Tanpa Hujan

Cuaca di Karanganyar hari ini akan lebih bersahabat dengan berawan sepanjang hari tanpa hujan. Simak prakiraan cuaca karanganyar hari ini di sini.

Minggu Hari Libur, Intip Prakiraan Cuaca Sukoharjo 26 Juni 2022 Ini

Berikut ini prakiraan cuaca hari Minggu (26/6/2022) menurut informasi BMKG.

Sebelum Jalan-Jalan Minggu, Simak Yuk Prakiraan Cuaca Kota Solo 26 Juni

Simak dulu yuk prakiraan cuaca BMKG untuk Kota Solo, sebelum pergi berjalan-jalan dan mengisi hari libur, Minggu (26/6/2022) ini.