Kategori: Solo

Unik! UNS Solo Gelar Wisuda Drive Thru, Wisudawan Naik Andong hingga Gowes untuk Pindah Kucir


Solopos.com/Akhmad Ludiyanto

Solopos.com, SOLO – UNS Solo menggelar wisuda dengan cara unik, yakni ala drive thru. Wisudawan diantar menggunakan andong atau motor listrik untuk mengikuti prosesi pemindahan kucir oleh rektor.

Prosesi wisuda dilakukan di kompleks Gedung Rektorat UNS Solo, Sabtu (27/6/2020). Kegiatan ini diiktu 15 wisudawan cumlaude untuk mewakili rekan sengkatan yang melakukan wisuda secara online lewat kanal Youtube UNS Solo.

Sebanyak 15 wisudawan tersebut mewakili setiap fakultas yang ada di UNS Solo. Mereka merupakan mahasiwa berprestasi asal Solo yang meraih predikat cumlaude.

Sayonara Prameks, Welcome KRL Solo-Jogja

Berdasarkan pantauan Solopos.com, dua wisudawan menumpang andong, dua becak, tujuh mobil listrik, dua sepeda motor listrik, dan dua lainnya mengendarai sepeda listrik. Ketiga jenis kendaraan listrik ini ditenagai baterai lithuim produksi UNS Solo.

Para wisudawan memasuki lobi gedung rektorat secara bergantian sesuai urutan untuk mengikuti prosesi pemindahan kucir.

Pemindahan kucir pada wisuda drive thru ini dilakukan langsung Rektor UNS Solo, Jamal Wiwoho. Dia mengatakan wisuda kali ini sengaja dibuat berbeda dengan yang digelar pada 2 Mei 2020 lalu.

Objek Wisata Klenteng Sam Poo Kong Semarang Dibuka Lagi, Ini Aturan Bagi Pengunjung

Prosesi wisuda drive thru di UNS Solo, Sabtu (27/6/2020). (Solopos/Sunaryo Haryo Bayu)

New Normal

Pihak UNS Solo sengaja menggelar wisuda drive thru lantaran ada sejumlah kelonggaran yang diterapkan menyambut era new normal.

“Wisuda lalu kami selenggarakan full daring karena masih dalam situasi pandemi Covid-19. Wisuda kali ini masih dalam situasi yang sama, tetapi sudah ada kelonggaran-kelonggaran yang mengarah kepada penerapan kenormalan baru. Sehingga wisuda kali ini kami lakukan secara daring dan luring [luar jaringan] dengan jumlah perwakilan yang lebih banyak, tetapi tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam upaya pencegahan persebaran Covid-19,” ujarnya.

Dia menambahkan, perwakilan wisudawan yang ditunjuk pada wisuda kali ini juga merupakan mahasiswa berprestasi UNS dari Solo. Hal itu dilakukan dalam rangka pencegahan persebaran Covid-19.

“Perwakilan ini dari Solo saja. Kalau dari luar Solo bisa menimbulkan kerawanan bagi peserta dan keluarganya itu sendiri dan juga warga kampus,” imbuhnya.

Kemarau, Waspada Bencana Kebakaran di Sukoharjo!

Salah satu perwakilan wisudawan, Sika Buddin, mengaku bersyukur ditunjuk mengikuti wisuda drive thru UNS Solo kali ini.

“Senang masih bisa mengikuti wisuda yang sepertinya jarang diselenggarakan kampus lainnya pada masa pandemi saat ini,” ujar lulusan Fakultas Keolahragaan tersebut.

Jarang Disorot, Ini Sosok Dian Ekawati Istri Didi Kempot 

Bersyukur

Wisudawan lainnya, Indri Cut Nadzila mengaku terkesan dengan wisuda unik yang digelar dengan sistem drive thru.

“Bagus dan unik dan sepertinya belum ada wisuda seperti ini,” kata lulusan Prodi Manajemen Administrasi Sekolah Vokasi UNS tersebut.

Seusai melakukan penyibakan kucir, para wisudawan bergegas kembali untuk melanjutkan perjalanan dengan kendaraan ramah lingkungan tersebut. Setelah prosesi wisuda drive thru selesai, Rektor UNS Solo langsung menuju ke auditorium untuk mewisuda mahasiswa lainnya secara online.

UNS Solo mewisuda 329 wisudawan dari berbagai jenjang, fakultas, dan program studi pada wisuda periode III/2020 ini. Penyelenggaraan wisuda kali ini juga diikuti oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mohammad Mahfud MD, yang sekaligus memberikan pidato jarak jauh.

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita