Unik, Soto Tamanwinangun Khas Kebumen Gak Pakai Ayam & Sapi

Berbeda dengan soto-soto pada umumnya yang menggunakan daging ayam, Soto Tamanwinangun ini justru menggunakan daging bebek sebagai daging suwirannya.

 Soto Tamanwinangun Khas Kebumen (Instagram/@infokulinerkebumen)

SOLOPOS.COM - Soto Tamanwinangun Khas Kebumen (Instagram/@infokulinerkebumen)

Solopos.com, KEBUMEN — Selain di Kabupaten Kudus, soto dengan warna kuah yang keruh bercita rasa kuat juga tersedia di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Soto ini dikenal dengan nama Soto Tamanwinangun yang menjadi makanan khas Kabupaten Kebumen.

Berbeda dengan soto-soto pada umumnya yang menggunakan daging ayam maupun sapi, Soto Tamanwinangun ini menggunakan daging entok sebagai suwiran. Ciri khas makanan unik ini pun menjadi daya tarik tersendiri, khususnya bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Kebumen.

PromosiRiset Belanda Ungkap Tiga dari 10 Situs Jawa Kuno di Boyolali Hilang

Berdasarkan pantauan Solopos.com melalui kanal Youtube, Selasa (18/1/2022), salah satu penjual Soto Tamanwinangun, Widi, nama makanan khas ini berasal dari nama sebuah kelurahan di Kecamatan Kebumen. Sekitar 50 tahun yang lalu, nenek mertuanya meracik soto dengan bumbu racikan spesial hingga akhirnya satu blok di kawasan rumahnya berjualan Soto Tamanwinangun.

Baca juga: Jelajah Goa Jatijajar, Surga Perut Bumi

Selain menggunakan daging entok, keunikan dari soto khas Kebumen ini adalah penggunaan kacang tanah yang membuat tekstur kuahnya menjadi keruh. Selain itu, soto ini juga diracik dengan bumbu-bumbu alami sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Widi adalah generasi ketiga penerus usaha Warungnya Soto Mbak Iin Darsum. Dia menyebut soto yang satu ini digemari semua kalangan. Dia mengaku sering mendapat pelanggan dari luar kota seperti Yogyakarta, Cirebon hingga Bogor yang datang ke Kebumen hanya untuk menyantap soto racikannya.

Daya tarik lainnya yang ditawarkan dari Soto Tamanwinangun di warungnya adalah perkedel kentang yang gurih. Setiap hari, Widi mampu menjual sekitar 150 hingga 200 mangkok soto.

Baca juga: Siapa Ki Semar Leluhur Tanah Jawa? Inikah Jawabannya?

Berbeda dengan soto biasanya, makanan khas Kebumen ini disantap dengan lontong. Kuahnya yang keruh membuat Soto Tamanwinangun ini terlihat seperti opor ayam. Namun dari segi rasa sangat berbeda dengan opor.

Sumber: Youtube

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Check-in di Hotel, PSK di Semarang Dianiaya Tamu Pakai Muntu

Boy menganiaya PSK menggunakan muntu saat check-in di hotel untuk mengambil uang dan harta milik PSK tersebut.

Mobil Avanza Tabrak Karimun di Flyover Jatingaleh, Ini Kronologinya

Kecelakaan lalu lintas di Flyover Jatingaleh Semarang bermula ketika pengemudi Avanza diduga mengantuk atau kebingungan melaju dari arah Tanah Putih.

Jadi Percontohan, Desa di Semarang Ini Tanam Kedelai Varietas Unggul

Sebanyak 30 kilogram bibit kedelai yang terdiri dari varietas Sugentan dan Gamasugen diserahkan BRIN dalam kegiatan ini.

25 Orang Lolos Tes Potensi Calon Anggota Komisi Informasi Jateng

Sebanyak 25 orang dinyatakan lolos tes potensi calon anggota Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Periode 2022-2026.

Kuliner Nasi Penggel, Jumeokbap Korea Ala Kebumen

Nasi Penggel adalah olahan kuliner khas Kebumen, Jawa Tengah yang bentuknya menyerupai nasi kepal Korea, Jumeokbap.

Serem! Warga di Semarang Ini Tinggal di Tengah Kuburan

Warga Kampung Bergota Krajan di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), sudah lama hidup berdampingan dengan kuburan karena berada di kompleks permakaman.

Pengumuman! Layanan Imigrasi Semarang Akan Permanen di MPP Grobogan

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang berencana membuka layanan imigrasi secara definitif di Mal Pelayanan Publik Grobogan.

14 Ekor Sapi Positif PMK, Pasar Hewan di Banjarnegara Ditutup

Sejumlah pasar hewan di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), ditutup menyusul ditemukannya kasus penyakit mulut dan kuku atau PMK pada 14 ekor sapi.

Presiden Jokowi Longgarkan Pemakaian Masker, Ini Saran Ganjar

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyarankan masyarakat untuk sadar diri dalam melakukan perlindungan diri menyusul pelonggaran penggunaan masker di tempat terbuka.

Asal-Usul Pemalang, Tanah Merdeka di Pulau Jawa

Asal-usul Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah dulunya merupakan salah satu dari 14 daerah merdeka di Pulau Jawa yang dipimpin seorang raja.

Misteri 3 Kerajaan Gaib di Jembatan Comal Pemalang

Jembatan Comal di Pemalang, Jawa Tengah, konon dikelilingi tiga kerajaan gaib.

Asal-Usul Desa Cawet Pemalang: Bermula dari Celana Dalam

Sejarah penamaan Desa Cawet di Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, berawal dari celana dalam.

Kenapa Pati Dijuluki Kota Paranormal?

Apa alasannya sih Kabupaten Pati di Jawa Tengah, dijuluki sebagai kota seribu paranormal?

Ternyata Ini Jabatan Pegawai Kecamatan Ngaringan Yang Nilap Bansos PKH

Camat Ngaringan Widodo Joko Nugroho mengatakan sudah melakukan tindakan kepada pegawai kecamatan yang diduga mencairkan bansos orang meninggal.

Ini Dia Rumah Sakit Tertua di Jawa Tengah, Ternyata Ada di Klaten

RSUP dr Soeradji Tirtonegoro di Kabupaten Klaten disebut-sebut sebagai salah satu rumah sakit tertua di Jawa Tengah atau Jateng.