SOLOPOS.COM - Soto Tamanwinangun Khas Kebumen (Instagram/@infokulinerkebumen)

Solopos.com, KEBUMEN — Selain di Kabupaten Kudus, soto dengan warna kuah yang keruh bercita rasa kuat juga tersedia di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Soto ini dikenal dengan nama Soto Tamanwinangun yang menjadi makanan khas Kabupaten Kebumen.

Berbeda dengan soto-soto pada umumnya yang menggunakan daging ayam maupun sapi, Soto Tamanwinangun ini menggunakan daging entok sebagai suwiran. Ciri khas makanan unik ini pun menjadi daya tarik tersendiri, khususnya bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Kebumen.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Berdasarkan pantauan Solopos.com melalui kanal Youtube, Selasa (18/1/2022), salah satu penjual Soto Tamanwinangun, Widi, nama makanan khas ini berasal dari nama sebuah kelurahan di Kecamatan Kebumen. Sekitar 50 tahun yang lalu, nenek mertuanya meracik soto dengan bumbu racikan spesial hingga akhirnya satu blok di kawasan rumahnya berjualan Soto Tamanwinangun.

Baca juga: Jelajah Goa Jatijajar, Surga Perut Bumi

Selain menggunakan daging entok, keunikan dari soto khas Kebumen ini adalah penggunaan kacang tanah yang membuat tekstur kuahnya menjadi keruh. Selain itu, soto ini juga diracik dengan bumbu-bumbu alami sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Widi adalah generasi ketiga penerus usaha Warungnya Soto Mbak Iin Darsum. Dia menyebut soto yang satu ini digemari semua kalangan. Dia mengaku sering mendapat pelanggan dari luar kota seperti Yogyakarta, Cirebon hingga Bogor yang datang ke Kebumen hanya untuk menyantap soto racikannya.

Daya tarik lainnya yang ditawarkan dari Soto Tamanwinangun di warungnya adalah perkedel kentang yang gurih. Setiap hari, Widi mampu menjual sekitar 150 hingga 200 mangkok soto.

Baca juga: Siapa Ki Semar Leluhur Tanah Jawa? Inikah Jawabannya?

Berbeda dengan soto biasanya, makanan khas Kebumen ini disantap dengan lontong. Kuahnya yang keruh membuat Soto Tamanwinangun ini terlihat seperti opor ayam. Namun dari segi rasa sangat berbeda dengan opor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya