SOLOPOS.COM - Warung Jawi Pesisiran menawarkan atraksi panggil hujan. (JIBI/Antara)

Warung Jawi Pesisiran bisa hadirkan hujan buatan

Solopos.com, SEMARANG—Kalau pembaca singgah di Semarang, pasti akan langsung merasakan panas terik yang menyengat kulit. Maklum sebagai kota di pesisir Pantai Utara jawa, Semarang memang terkenal sumuk.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tapi jangan khawatir, meski siang panas menyengat, ada sebuah warung makan di Jl. Kaligarang, Semarang, yang memperbolehkan pembeli meminta hujan. Warung Jawi Pesisiran milik arsitek yang juga pegiat komunitas Oemah Udan, Thomas Adi, ini bahkan dengan mudah menghentikan hujan jika hawa sekitar warung sudah cukup sejuk.

“Di sini, pengunjung memang bisa ‘request‘ hujan,” ujar Thomas, seperti diktuip kantor berita Antara, Minggu (13/8/2017).

Ternyata, suami Anastasya Sri Widiastuti itu, menggunakan air hujan yang ditampungnya untuk membikin hujan lokal buatan di restorannya, berbekal pompa air dan instalasi pipa yang sederhana.

“Tanpa harus request, setiap pukul 11.00-14.00 WIB sebenarnya kami rutin membuat hujan di restoran ini. Ya, modalnya kan cuma listrik untuk pompa, airnya tidak beli karena dari air hujan,” ungkapnya.

Tak hanya hujan lokal buatan, Thomas juga menampung air hujan untuk diolahnya menjadi berbagai sajian di restoran miliknya yang baru dibukanya sekitar setahun lalu, sekaligus sebagai ikon bisnis kulinernya itu.

Di belakang restoran itu, terlihat dua bak tandon masing-masing berkapasitas 13 meter kubik dan 2 meter kubik untuk menampung air hujan, lengkap dengan perpipaan yang sudah ditata sedemikian rupa. Penasaran? Silakan mampir ke Warung Jawa Pesisiran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya