SOLOPOS.COM - Jajaran Polsek Wonogiri dan Koramil 01 Wonogiri menyambangi warga yang sedang berjaga di poskamling di Desa Wonokerto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Kamis (20/10/2022) malam. (Istimewa/Polres Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI — Ada yang berbeda dalam kegiatan patroli anggota Polsek Wonogiri Kota selama beberapa waktu terakhir. Hampir setiap malam, para polisi itu berpatroli ke area permukiman warga sambil membawa paket kopi untuk dibagikan warga yang berjaga di poskamling.

Kegiatan itu dimotori Kapolsek Wonogiri Kota, AKP Eka Purwanta, sejak pertengahan Oktober 2022 lalu. Kepada Solopos.com, Kamis (20/10/2022) malam, ia menyebut kegiatan bagi-bagi paket kopi itu bakal dilaksanakan setiap bulan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Rencananya dalam sebulan, ia membagikan sebanyak 10 paket kopi kepada warga yang berjaga di poskamling. Isi setiap paketnya berupa dua boks kopi hitam dan 1 kg gula pasir kemasan plastik. Anggaran pengadaannya, kata AKP Eka, bersumber dari kantongnya sendiri.

“Satu paket itu kan hanya sekitar Rp30.000. Berarti sebulan saya keluarkan Rp300.000. Enggak apa-apa, cuman sedikit,” kata dia.

Malam itu juga AKP Eka menyiapkan sepaket kopi untuk dibagikan kepada warga saat berpatroli. Sekitar pukul 22.30 WIB, ia bersama Danramil 01 Wonogiri, Kapten Inf. Slamet Biyanto, dibantu Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas, menyambangi wilayah Desa Wonokerto, Kecamatan Wonogiri.

Baca juga : Wow! Waduk Pidekso Wonogiri yang Diresmikan Jokowi Ini Tahan Gempa hingga 8 SR

Satu paket kopi tersebut dibagikan kepada lima penjaga poskamling di wilayah desa setempat. Kapolsek Wonogiri Kota itu mengaku, tujuan patroli sambil bagi-bagi kopi tersebut sebagai bentuk apresiasi dan menjalin silaturahmi.

“Kami berterima kasih karena keberadaan warga yang ronda di poskamling itu ikut membantu tugas kami dalam menjaga kamtibmas [keamanan dan ketertiban di masyarakat]. Jadi agar mereka tetap semangat dan terjaga, kami bantu dengan cara memberi kopi,” tuturnya.

Kapolres Wonogiri, AKBP Dydit Dwi Susanto melalui Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri, Aiptu Iwan Sumarsono menerangkan, kegiatan sambang warga dan patroli menjadi agenda rutin kepolisian.

Baca juga : Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Jumat Ini: Hujan Sedang Siang-Hujan Lebat Sore

Ada sejumlah tujuan dari agenda itu. Di antaranya memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dengan hadirnya kepolisian di tengah-tengah lingkungan mereka, mencegah terjadinya tindak kriminalitas, dan menjalin silaturahmi dengan masyarakat.

Aiptu Iwan mengetahui bahwa kegiatan patroli sambil bagi-bagi kopi yang dilakukan Polsek Wonogiri Kota sudah dilakukan beberapa kali. Menurut penilaiannya, kegiatan itu sebagai inovasi karena tak pernah dilakukan di polsek-polsek lainnya.

“Semoga dengan adanya kegiatan patroli kopi dari Polsek Wonogiri Kota ini dapat diikuti para Bhabinkamtibmas di polsek-polsek lainnya,” katanya kepada Solopos.com, Jumat (21/10/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya