SOLOPOS.COM - Pengantin dan tamu undangan menebar benih saat launching Pengantin Karanganom Tebar Benih di KUA Karanganom, Kamis (27/1/2022). Penebaran benih ditujukan peduli lingkungan sekitar. (Solopos.com/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN—Kantor Urusan Agama (KUA) Karanganom meluncurkan program unik. Setiap pengantin wajib menebar benih di Sungai Karanganom yang berada di depan Kantor KUA Karanganom sejak Kamis (27/1/2022) pagi.

Pada kesempatan perdana, KUA Karanganom bersama pengantin dan berbagai instansi di wilayah tersebut menyebar 7.800 benih ikan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan pantauan Solopos.comlaunching pengantin tebar benih yang digagas KUA Karanganom itu memperoleh dukungan penuh dari dua pengantin. Masing-masing, pasangan Herlina Wulansari, 25, warga Pondok, Kecamatan Karanganom dengan Alek Yulianto, 28, warga Brangkal, Kecamatan Karanganom.

Baca Juga: Unik! Di Desa Jonggrangan Klaten Ada Puluhan Orang Kembar

Pasangan berikutnya, yakni Supriyani, 42, warga Pondok, Kecamatan Karanganom dengan Sigit Saputra, 42, warga Pondok, Kecamatan Karanganom. Di samping kedua pengantin itu, kegiatan tebar benih juga dilakukan KUA Karanganom, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Karanganom, instansi negeri dan swasta di kawasan Karanganom. Hal itu termasuk dari PT Tirta Investama Aqua.

Total ikan yang ditebar di kesempatan itu mencapai kurang lebih 7.800 benih ikan yang terdiri dari benih ikan lele, benih ikan nila, dan benih ikan kakap. Saat ikan sudah besar, warga dipersilakan mencari ikan dengan cara memancing.

Warga diimbau tidak mencari ikan dengan menyetrum. Dengan banyaknya ikan di Karanganom dan sekitarnya di waktu mendatang, KUA Karanganom juga mengajak masyarakat gemar makan ikan.

baca Juga: Unik! Kantor Desa Kranggan Klaten Dilengkapi Tampilan Besalen

“Melalui kegiatan ini, kami ingin mengajak pengantin berjiwa ikhlas. Di sini menebar ikan tapi tidak berharap memanen. Benih ikan yang ditebar di sini merupakan bibit unggul. Sehingga harapannya hasil pernikahan dapat memperoleh generasi dengan sumber daya manusia (SDM) yang unggul,” kata Kepala KUA Karanganom, Muslih, saat ditemui wartawan di sela-sela launching Pengantin Karanganom Tebar Benih di KUA setempat, Kamis (27/1/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya