Unik! Kuliner Soto Bancar Khas Purbalingga Topping Bakso & Saus Kacang

Keunikan dari Soto Bancar ini dengan sajian soto-soto lainnya lain adalah adanya tambahan saus kacang, bakso dan kerupuk merah putih dalam penyajiannya.

Solopos.com, PURBALINGGA Soto Bancar merupakan salah satu kuliner khas daerah Desa Bancar, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Sekilas soto ini mirip dengan Soto Sokaraja khas Kabupaten Banyumas. Namun yang membedakan sekaligus menjadi keunikan dari soto-soto lain adalah adanya tambahan saus kacang, bakso, dan kerupuk merah putih dalam penyajiannya.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di kanal Youtube Emzy Ardiwinata, Kamis (23/9/2021), salah satu penjual Soto Bancar yang terkenal di pusat Kota Kabupaten Purbalingga adalah Soto Bancar Pak Joko yang sudah berdiri sejak 1983. Lokasi warung ini hanya berjarak sekitar 2 km dari alun-alun Kota Purbalingga.

Lokasi tepatnya berada di Jalan Jendral Sudirman, Bacar,  atau berada tepat disamping Sungai Kalilarangan. Pak Joko yang merupakan penjual Soto Bancar menjelaskan, selain diberi topping saus kacang, keunikan lain dari soto ini adalah ada pada tekstur kuahnya yang kental. Selain itu, Soto Bancar ini juga ada tambahan topping bakso sebagai salah satu pilihan.

Baca Juga: Kebakaran Kandang Ayam di Tegowanu Grobogan, 20.000 Ayam Terpanggang

Harga Soto Bancar sendiri dipatok sesuai topping yang dipilih, jika toppingnya bakso dihargai Rp15.000 per porsi, sedangkan Soto Bancar dengan topping suwiran ayam dihargai Rp20.000 dan jika topping-nya suwiran daging sapi dihargai Rp25.000 per porsi.

Isi dari soto ini sudah pasti mengenyangkan karena selain tekstur kuahnya yang kental, komponen sotonya juga melimpah ruah sehingga sudah pasti siapapun yang menyantap akan kenyang dan puas. Soto Bancar Pak Joko ini buka 12 jam, dari jam 9.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Setiap harinya, Pak Joko dan tim menghanbiskan sekitar 10 kilo daging sapi yang diolah menjadi bakso atau suwiran sebagai topping tambahan. Jika ingin menambah sensasi pedas, bisa menambahkan sambal yang terbuat dari cabai merah, cabai rawit dan tomat. Karena terdapat saus kacang tersebut, rasa yang ada di Soto Bancar ini tentunya ada sensasi manisnya.

Baca Juga: Ketan Pencok, Berawal dari Coba-Coba hingga Jadi Ikon Kuliner Brebes

Isian dari Soto Bancar ini terdiri dari nasi, mi soun, kecambah, daun bawang, suwiran atau topping (ayam,daging sapi, atau bakso), kerupuk merah putih dan tidak lupa saus kacang yang memberikan senasi kekentalan dan rasa manis serta gurih pada soto ini.


Berita Terkait

Berita Terkini

Jembatan Tiba-tiba Ambrol, Seorang Ibu Hilang Terbawa Arus

Seorang warga Kebumen, Jawa Tengah hanyut terbawa arus sungai ketika jembatan yang dilewatinya tiba-tiba ambrol.

Polda Jateng Ungkap Identitas WNA Turki Otak Pelaku Skimming ATM

Polda Jateng mengungkap identitas warga negara asing atau WNA asal Turki yang menjadi otak kejahatan skimming kartu ATM di wilayahnya.

Netizen Curhat Vaksin Berbayar Rp300.000, Ini Reaksi Wali Kota Semarang

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, mendapat laporan dari warganet terkait vaksin Covid-19 berbayar Rp300.000 di wilayahnya.

Mantap! Bus Listrik Bakal Jadi Transportasi Umum di Jateng

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mewacanakan penggunaan bus listrik untuk transportasi umum.

Terkuak! Ada Peran WNA di Balik Pinjol Ilegal di Jateng

Ditreskrimsus Polda Jateng tengah memburu warga negara asing atau WNA yang berperan dalam praktik pinjaman online atau pinjol di wilayahnya.

Ketupat Sumpil: Makan Kupat Pakai Siput, Mau Coba?

Ketupat sumpil adalah olahan beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang atau daun bambu dan disantap  dengan parutan kelapa/serundeng dan bumbu sambal.

Gua Kiskendo, Medan Tempur Subali & Sugriwa Ternyata Ada di Kendal

Menurut legenda, nama Gua Kiskendo diambil dari cerita pewayangan yang mengisahkan pertempuran sengit antara kawanan kera dan kawanan berkepala sapi dan kerbau.

Cek Lur! Ini Daftar 34 Perusahaan Pinjol Ilegal dari Polda Jateng

Ditreskrimsus Polda Jateng mengungkapkan daftar 34 perusahaan dan aplikasi pinjaman online atau pinjol ilegal yang dilaporkan meresahkan masyarakat.

Duh! Aksi Pemotor Onani di Jalan Kembali Terjadi di Pekalongan

Aksi pemotor yang melakukan onani di jalan di Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng) kembali terjadi.

Keren! Semarang Bakal Punya Taman Parkur Seluas 500 Meter Persegi

Pemerintah Kota Semarang bakal membangun taman parkur sebagai tempat anak-anak muda menyalurkan hobi olahraga parkur atau parkour.

Serunya Beli Jajan Pakai Balok di Pasar Sawahan, Yuk Coba

Berbelanja di Pasar Sawahan Ungaran tidak menggunakan uang, tetapi balok kecil. Seru banget hlo.

Roti Ganjel Rel Khas Semarang Unik & Langka, Pernah Coba?

Roti ganjel rel merupakan kuliner unik dan langka khas Semarang yang resepnya warisan dari zaman Belanda.

Mantap! Vaksinasi Pelajar di Kota Semarang Sudah Capai Target

Capaian vaksinasi Covid-19 untuk kalangan pelajar atau remaja 12-17 tahun di Kota Semarang sudah memenuhi target yang ditetapkan.

Pemprov Jateng Ajak UMKM Bertahan di Masa Pandemi Lewat Pelatihan

Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jateng mengajak UMKM bertahan di tengah pandemi Covid-19 dengan menyelenggarakan pelatihan untuk 30 pelaku UMKM di sekitar proyek tol Semarang-Demak.

Perempuan Asal Semarang Tertabrak KA Barang di Grobogan

Seorang perempuan meninggal tertabrak KA barang jurusan Surabaya – Jakarta di jalur rel kereta api di Desa Mojoagung, Karangrayung, Grobogan.