Tutup Iklan
Unik! Kambing di Banyuwangi Berbau Pandan, Ini Kata Pemiliknya
Kambing jantan berbau pandan di Banyuwangi. (Detik.com/Ardian Fanani)

Solopos.com, BANYUWANGI -- Lazimnya, kambing berbau prengus, tapi di Banyuwangi ada yang beraroma seperti pandan. Kambing jantan berumur dua tahun ini mengeluarkan aroma pandan sejak tujuh bulan lalu.

Dikutip dari Detik.com, kambing jenis menggolo ini sekilas terlihat seperti kambing pada umumnya. Kambing berwarna hitam ini tubuhnya terlihat kekar dan berotot.

Namun, uniknya, kambing ini berbau pandan. Bau ini jelas sangat berbeda dengan kambing pada umumnya yang beraroma prengus.

"Baunya seperti daun pandan. Tidak seperti kambing biasanya. Tapi pada waktu tertentu baunya muncul," ujar pemilik kambing, Asmui, 51, warga Dusun Pereng Desa Paspan Kecamatan Glagah, Kamis (30/7/2020).

Ia menjelaskan aroma segar daun pandan ini hanya dapat terendus ketika langit mulai beranjak gelap. Selain itu, sesekali aroma pandan juga samar-samar tercium pada sore hari.

Rekor Tertinggi! Positif Covid-19 Sukoharjo Sehari Tambah 33 Kasus

"Bau harum itu dipastikan muncul dan cukup menyengat di setiap menjelang Maghrib sekitar pukul 17.00 WIB hingga setelah Maghrib. Bahkan, bau bunga pandan itu masuk sampai ke rumah saya," tutur dia.

Menurut Asmui, kambing berbau daun pandan itu kali pertama diketahui sejak sekitar tujuh bulan lalu. Awalnya, Asmui mengira wangi tersebut berasal dari tumbuhan pandan di sekitar rumah.

Usut punya usut, sumber bau wangi itu justru berasal dari kambing miilknya. "Saya kira bau tumbuhan karena di perkarangan rumah tidak ada pandan," urai dia.

Kini, kambing berbau pandan itu masih dirawatnya. Asmui pun tak berniat menjual unik itu.

Tak Bisa Berenang, Pemancing Wonogiri Meninggal Dunia Tenggelam di WGM

Sumber: Detik.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho