Ketupat khas Semarang yang dinamai dengan nama bagian tubuh sekitar alat vital. (Liputan6.com)

Solopos.com, SOLO — Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan karya kulinernya. Beragam nama pun disematkan di sejumlah makanan khas di sejumlah daerah di Indonesia.

Di antara banyak karya kuliner, ada beberapa makanan yang namanya kerap kali dianggap jorok. Pasalnya, nama dari makanan itu tak jauh-jauh dari nama alat vital dan sekitarnya.

Berikut lima makanan yang namanya cukup jorok dan tak jauh-jauh dari nama alat vital dan sekitarnya:

1. Kontol Sapi

Kontol Sapi. (Kaskus.co.id)
Mendengar namanya saja, pikiran pasti langsung terarah ke alat kelamin dari sapi jantan. Namun di Cilegon, Banten, Kontol Sapi merupakan nama makanan khas di daerah tersebut.

Kontol Sapi khas Cilegon merupakan kue yang terbuat dari ketan, gula pasir, dan kelapa. Meski bernama Kontol Sapi, tak ada unsur sapi dalam bahan karya kuliner tersebut.

2. Turuk Bintul

Turuk Bintul. (Twitter.com)
Dalam bahasa Jawa, turuk kerap kali diartikan sebagai alat vital wanita, sedangkan bintul diartikan sebagai bintik-bintik besar pada tubuh. Namun Turuk Bintul merupakan nama makanan khas Jepara, Jawa Tengah (Jateng).

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Turuk Bintul terbuat dari ketan yang ditaburi kacang tolo. Tampilan kacang tolo yang mirip dengan bentolan membuat makanan tersebut dinamai Turuk Bintul.

3. Ketupat Jembut

Ketupat Jembut. (Liputan6.com)
Kata jembut kerap kali diartikan sebagai rambut yang tumbuh di sekitar alat vital. Namun di Kota Semarang, Jateng, ada karya kuliner yang dinamai Ketupat Jembut. Setiap perayaan Syawalan, Kupat Jembut selalu menjadi buruan warga terutama yang berdomisili di Kampung Jaten Cilik, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang.

Ketupat Jembut adalah ketupat yang diisi dengan tauge yang biasanya tampak menjulur keluar. Meski terdengar jorok, Ketupat Jembut menjadi rebutan anak-anak di Semarang lantaran juga diisi dengan uang.

4. Tolpit

Tolpit. (Okezone.com)
Tolpit adalah nama salah satu makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang terbuat dari tepung beras, kelapa parut, dan gula merah. Tolpit merupakan kependekan dari Kontol Kejepit.

Dikutip dari Okezone, nama Tolpit disematkan lantaran bentuknya yang menyerupai bagian alat kelamin pria saat terjepit. Nama karya kuliner ini sebenarnya adalah Kue Adrem. Makanan dengan rasa gurih dan manis tersebut juga kerap kali disebut Kue Mana Tahan untuk menunjukkan betapa ngilunya saat alat kelamin pria terjepit.

5. Memek
Memek. (Detik.com)
Mendengar kata memek, kebanyakan orang pasti akan berpikir tentang alat kelamin wanita. Dalam Kamus Bahasa Besar Indonesia (KBBI) daring milik Kemendikbud, memek memang berarti kemaluan perempuan atau vagina.

Namun memek yang satu ini merupakan nama makanan khas Kabupaten Simeulue, Aceh. Dilaporkan Detik.com, Memek merupakan makanan ringan yang terbuat dari campuran beras ketan dan pisang. Dengan tambanhan santan, garam, dan gula kemudian digonseng, Memek memberikan rasa gurih di lidah.

Nama Memek sebenarnya memiliki arti mengunyah atau menggigit. Pada masa dulu, nenek moyang mereka kerap mengunyah beras ketan yang sudah dicampur pisang sehingga muncul istilah mamemek hingga makanan tersebut disebut dengan Memek.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten