Tutup Iklan
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memanen buah melon kotak di UPT PATPH di Lebo Sidoarjo, Jatim, Rabu (15/5/2019). (Antara-Marul)

Solopos.com, SIDOARJO -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memanen melon berbentuk kotak yang dibudidayakan UPT Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura di Lebo, Sidoarjo, Jatim, Rabu (15/5/2019).

Khofifah pun mendorong kepada Dinas Pertanian untuk terus melakukan inovasi buah melon varietas Golden Lengkawi, sebagai upaya pemenuhan pasar kelas menengah atas.

"Dulu buah melon bentuknya bulat, kini bisa terus dikembangkan menjadi berbagai bentuk seperti kotak, dan juga dalam bentuk hati," katanya di sela panen buah melon, Rabu.

Khofifah mengemukakan dengan model dan bentuk melon yang berbeda tersebut tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri untuk dipasarkan.

"Apalagi saat ini, banyak makanan yang sangat bagus untuk difoto sebelum dimakan. Nah, dengan bentuk kotak dan diberikan pita, tentunya sudah bagus untuk dijadikan hadiah," ujar mantan Menteri Sosial itu.

Khofifah menambahkan beberapa waktu yang lalu pihaknya juga melakukan panen raya buah melon di Tuban, karena dari penuturan petani hasilnya cukup memuaskan kalau melon yang dikembangkan itu tidak terkena hama.

"Kami berharap buah melon ini bisa dikembangkan dan para petani juga bisa belajar di tempat ini," katanya.

Khofiha menguraikan dengan bentuk yang berbeda dan tidak lazim akan menjadikan melon tersebut lebih ekslusif.

"Inovasi seperti ini dibutuhkan, pikiran kreatif harus terus diasah produk inovatif diasah," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur Hadi Sulistyo mengatakan melon itu dibudidayakan dengan berpedoman pada standar operasional yang baik (GAP/Good Agricultural Practices) sehingga melon yang dihasilkan memperoleh sertifikasi Prima 3.

"Dalam pemasarannya juga sudah bermitra dengan pasar modern seperti toko buah Hokky, Transmart, dan juga CV Sewu Segar," katanya. 

Silakan http://madiun.solopos.com/">KLIK dan https://www.facebook.com/madiunpos/">LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten