SOLOPOS.COM - Pospam mudik Lebaran saat Operasi Ketupat Candi 2022 dikejutkan dengan kedatangan Superhero dan rombongan masyarakat di Pospam Pandawa Solo Baru, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Senin (09/05/2022). (Istimewa/Polres Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Rombongan superhero Gatotkaca, Spiderman, dan Superman bersama warga setempat menggeruduk pos pengamanan (Pospam) mudik Lebaran di Pandawa Solo Baru, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin (9/5/2022).

Bahkan, superhero Gatotkaca sembari mendorong gerobok tahu kupat menuju pospam yang dibangun selama Operasi Ketupat Candi 2022 itu.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Salah seorang pria berperan sebagai superhero, Agus Widanarko, mengatakan aksinya itu terinspirasi dari video viral memperlihatkan seorang pria menumpang mobil dan memaki petugas saat momen Lebaran 2022.

Sebagai tambahan informasi aksi warga yang melontarkan kalimat kasar kepada petugas tersebut viral di media sosial. Aksi itu terjadi di jalur Tasik menuju Singaparna pada Jumat (6/5/2022).

Pengendara mobil tersebut juga sudah menyampaikan permintaan maaf melalui media sosial.

Baca Juga : Spiderman & Superman Turun ke Jalan di Solo Baru Sukoharjo, Ada Apa?

“Hari ini aksi bertepatan dengan bakdo kupat [Lebaran Ketupat]. Makanya kami membawa kupat yang artinya ngaku lepat [mengaku bersalah]. Kami mewakili masyarakat, kemarin kan ada masyarakat yang malah memaki-maki petugas. Masyarakat seharusnya justru berterima kasih kepada petugas karena mudik aman, lancar,” jelasnya.

Kegiatan itu dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan ungkapan terima kasih atas kinerja petugas, baik itu TNI, Polri, petugas kesehatan, dan elemen lain dalam mengamankan mudik Lebaran.

Rombongan superhero dan masyarakat membawa satu gerobak tahu kupat, rengginang, dan opor ketupat. Hal itu menjadi ciri khas Lebaran.

Dia mengatakan Lebaran kali ini merupakan Lebaran suka cita karena berjalan lancar dan tidak ada lagi persebaran virus Covid-19.

Baca Juga : Sumbangsih Perantau Sukoharjo: Bangun Masjid Hingga Belikan Ambulans

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengapresiasi aksi tersebut. Ia mengaku berterima kasih atas kepedulian masyarakat kepada aparat dan instansi terkait, terutama di Pospam Pandawa Solo Baru.

“Ini luar biasa sekali. Ada warga yang memberikan apresiasi kepada kami. Senang sekali, bahagia, ada surprise. Kami juga memohon maaf apabila selama ini dalam pelayanan masih banyak kekurangan. Mudah-mudahan pelayanan ke depan menjadi lebih baik,” jelasnya.

Pospam Operasi Ketupat Candi 2022 ditutup pada Senin (9/5/2022). Hasil pantauan puncak arus balik pada Jumat (6/5/2022).

Menurutnya, intensitas arus lalu lintas meningkat dari arah selatan menuju Klaten dan Jogja. Lalu lintas terpantau tanpa kemacetan hanya terlihat kepadatan yang mengarah ke pintu Tol Colomadu.

Baca Juga : Lebaran Ketupat, Harga Daging Ayam Tembus Rp42.000/Kg di Sukoharjo

Arus lalu lintas, lanjut Kapolres, sejak Sabtu (7/5/2022) hingga Senin (9/5/2022) melandai. Ia juga mengklaim tidak ada kecelakaan lalu lintas menonjol selama Lebaran. Kapolres menyebut hal itu berkat kerja sama masyarakat dalam menaati rambu-rambu lalu lintas dan berhati-hati saat berkendara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya