Liverpool (Reuters-Andrew Yates)

Solopos.com, LIVERPOOL — Pekan ke-14 Liga Premier Inggris agaknya menjadi pekan yang amat membahagiakan bagi penggawa Liverpool. Bagaimana tidak, dua rival mereka sekaligus yakni Chelsea dan Manchester City gagal memetik poin penuh atas lawan-lawannya.

Adapun The Reds sukses mempertahankan konsistensi permainan dengan membekuk Brighton & Hove Albion dengan skor 2-1 di Anfield, Sabtu (1/11/2019) malam WIB. The Citizens cuma meraih satu angka saat bertandang ke markas Newcastle United di St. James Park. Kemenangan 2-1 City yang sudah di depan mata buyar setelah jebolan akademi Liverpool, Jonjo Shelvey, mencetak gol di menit ke-88.

Chelsea lebih sial lagi karena dipaksa menyerah 0-1 dari West Ham United di Stamford Bridge. Hampir serupa dengan Shelvey, kekalahan Chelsea tak lepas dari penampilan brilian kiper muda David Martin yang notabene pernah menimba ilmu di The Blues.

Hasil laga di pekan ke-14 membuat Liverpool masih kokoh di puncak klasemen dengan 40 poin, unggul 11 poin dari Manchester City dan Leicester City yang sama-sama mengantongi 29 poin. Sebagai informasi, tidak ada klub yang mampu meraih 40 poin dalam periode itu kecuali Liverpool dan City saat meraih juara dua musim lalu.

Saat melawan Brighton, The Reds kembali menunjukkan karakternya dengan tetap tenang meski bermain 10 orang setelah Alisson diusir di menit ke-76. Lawan hanya mampu mencetak satu gol lewat Lewis Dunk di menit ke-79. Adapun Liverpool sudah unggul 2-0 sejak menit ke-24 lewat brace Virgil van Dijk.

Keunggulan yang cukup jauh membuat Liverpool kini dianggap berlari sendirian dalam perburuan gelar juara. Meski tak selalu menang meyakinkan, Liverpool punya mental baja dan keberuntungan yang mengantarkan pada kemenangan. Namun Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, menegaskan kompetisi masih menyisakan 24 pekan lagi.

“Kami tidak berpikir soal selisih atau apapun. Malam ini orang-orang bilang bahwa kami unggul 11 poin, tapi Leicester masih bermain [Minggu malam] sehingga bisa saja [jarak] jadi delapan poin. Kami hanya ingin fokus di laga selanjutnya yakni kontra Everton,” ujar Klopp dilansir BBC, Minggu.

City sendiri menolak lempar handuk meski tertinggal jauh di klasemen. Pelatih City, Josep “Pep” Guardiola, mengatakan timnya masih punya peluang asal terus memenangi pertandingan.

“Sekarang bukan ide yang bagus untuk memikirkan Liga Premier dan jarak poin. Kami harus memenangi banyak pertandingan. Kalau kami tidak menang, akan lebih sulit,” ujar eks arsitek Barcelona itu.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten