Tutup Iklan

UNESCO Usulkan Salatiga Jadi Kota Kreatif Gastronomi, Mantap!

Rekomendasi atau usulan Kota Salatiga menjadi Kota Kreatif Gastronomi diberikan UNESCO setelah melalui seleksi yang panjang.

 
Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, saat mengikuti konferensi virtual Salatiga International Gastronomi Conference, Jumat (18/6/2021). (Semarangpos.com-Humas Pemkot Salatiga)

SOLOPOS.COM - Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, saat mengikuti konferensi virtual Salatiga International Gastronomi Conference, Jumat (18/6/2021). (Semarangpos.com-Humas Pemkot Salatiga)

Solopos.com, SALATIGA — Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengusulkan Kota Salatiga menjadi Kota Kreatif Gastronomi.

Rekomendasi perwakilan UNESCO di Indonesia itu tertuang dalam surat bernomor 41559/16/KS.09.00/2021 yang ditandatangani Ketua Harian KNIU Kemendikbudristek, Prof. Dr. Arief Rahman, tertanggal 21 Juni 2021.

Dalam surat itu disebutkan, rekomendasi atau usulan Kota Salatiga menjadi Kota Kreatif Gastronomi diberikan setelah melalui seleksi yang panjang untuk memilih kota-kota di Indonesia  yang akan diajukan dalam UNESCO Creative Cities Network (UCCN) 2021.

Ada dua kota yang mendapat rekomendasi KNIU. Selain Salatiga, KNIU juga merekomendasikan Kota Jakarta sebagai Kota Kreatif Literatur atau Creative City of Literature.

Baca juga: Gegara Virus Corona Salatiga Tutup Pasar

Dalam surat itu, Arief juga menyebutkan alasan memberikan rekomendasi Kota Salatiga sebagai Kota Kreatif Gastronomi. Ia menyebut keputusan tersebut telah didasari diskusi dan masukan dari pemangku kebijakan serta para pakar. Selain itu, rekomendasi juga didasari komitmen pemerintah setempat dalam memajukan ekonomi kreatif di bidangnya.

Menanggapi usulan perwakilan UNESCO itu, Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, mengaku bangga. Meski demikian, ia menilai kepercayaan itu harus dijaga dan dipertahankan untuk menjadi lebih baik di kemudian hari.

“Upaya dan komitmen Pemkot Salatiga harus konsisten untuk jangka menengah dan panjang. Salah satunya dengan mengalokasikan anggaran yang dapat mengangkat pelaku UMKM dalam sektor kuliner tradisional,” ujar Yuliyanto, dalam keterangan tertulis melalui aplikasi Whatsapp (WA), Selasa (22/6/2021) malam.

Baca juga: Perlu Trik Agar Produk Lokal Banyumas Go International

Ragam Kuliner

Menurut Yuliyanto, Salatiga memang layak menjadi Kota Kreatif Gastronomi. Hal itu dikarenakan Salatiga memiliki aneka ragam kuliner yang berasal dari warga yang multi etnik. Selain itu, dari 14.440 UMKM yang ada di Salatiga, sekitar 42% atau 6.178 di  antaranya berbasis kuliner.

“Tak hanya didukung dengan keberadaan UMKM kuliner, Salatiga juga memiliki Pusat Studi Tempe, Pusat Dinamika Usaha Mikro dan Kecil [CEMSED] serta Program Studi Teknologi Pangan. Hal itu mendukung Kota Salatiga menjadi Kota Kreatif Gastronomi,” tutur Yuliyanto.

Sementara dari sisi kebijakan, Pemkot Salatiga juga memberikan dukungan melalui SK Wali Kota Salatiga No. 500/333/2021 yang menetapkan sejumlah wilayah untuk mengakomodasi kegiatan yang  mempromosikan Salatiga sebagai Kota Kuliner Kreatif.

“Kami juga berkomitmen memfasilitasi kegiatan yang mendorong perkembangan kuliner di Kota Salatiga seperti pameran, festival jajanan dan sosialisasi produk kreatif, penetapan Kampung Temaik Singkong, dan lain-lain,” kata Wali Kota Salatiga.

 

 


Berita Terkait

Espos Plus

Cerpen Selendang Bidadari

+ PLUS Cerpen Selendang Bidadari

Siapa tahu keberadaan bidadari itu bukanlah sekadar dongeng seperti pemikirannya selama ini. Mereka sedang mandi saat ini dan Darodin ingin mencuri selendangnya, satu saja.

Berita Terkini

Hidden Canyon, Mutiara Tersembunyi di Kaki Pegunungan Muria

Alasan penamaan tersebut karena ngarai tersebut berada di tempat tersembunyi dan memang belum banyak diketahui keberadaanya oleh banyak orang karena akses jalannya yang sulit.

Januari 2022 Puncak Musim Hujan, Jateng Siaga Banjir

BMKG memprediksi puncak musim hujan terjadi pada Januari 2022 dan mengingatkan warga Jateng waspada karena termasuk wilayah siaga banjir.

Saung Diterjang Banjir, Kakek di Brebes Terseret Arus Sungai Pemali

Seorang kakek di Brebes, Jawa Tengah (Jateng), dikabarkan hanyut akibat banjir yang melanda Sungai Pemali.

Innalillahi! Bus Rombongan Warga Toroh Grobogan Nyemplung ke Sungai

Bus rombongan warga Desa Genengadal, Kecamatan Toroh terguling dan masuk sungai di Desa Jeketro, Kecamatan Gubug, Grobogan.

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Bus Sudiro di Tol Semarang-Solo

Bus PO Sudiro Tungga Jaya jurusan Jakarta-Yogyakarta mengalami kebakaran di tol Semarang-Solo, Bergas, Kabupaten Semarang.

Angkut 30 Penumpang, Bus Sudiro Tunggal Kebakaran di Tol Semarang-Solo

Gangguan mesin menyebabkan bus PO Sudiro Tunggal mengalami kebakaran saat melintasi tol Semarang-Solo, tepatnya di Kabupaten Semarang.

PLN Bagikan Gerobak Molis kepada UKM Jateng, Dorong Produktivitas Usaha

PLN memberikan bantuan gerobak motor listrik (molis) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada pelaku UKM di Jateng untuk meningkatkan produktivitas usaha.

Polres Kudus Gerebek Tempat Produksi Minuman Keras Jenis Arak

Jajaran Polres Kudus menggerebek tempat produksi minuman keras atau miras di sebuah gudang, di Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus.

Sidak Wali Kota Semarang Viral, Warganet Ramai Ikutan Usul Ini

Unggahan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat melakukan sidak di Kantor Kelurahan Bulusan, di akun instagram pribadinya mendadak viral.

Sejarah Vihara Buddhagaya Semarang

Vihara Buddhagaya di Semarang, Jawa Tengah, memiliki sejarah panjang karena didirikan sejak 500 tahun lalu, tepatnya saat keruntuhan Majapahit.

Indahnya Sunrise di Taman Posong Lereng Sindoro Temanggung

Wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, memiliki pesona wisata alam yang indah dan masih baru seperti Taman Posong.

Wisata Makam Apung di Pantai Sayung, Tak Tersentuh Air Laut

Demak memiliki objek wisata religi berupa makam apung milik Mbah Mudzakir yang konon tidak pernah terendam air laut meski terjadi gelombang tinggi.

Tragedi Berdarah! 5 Warga Slawi Tewas Diracun Dukun Pengganda Uang

Kisah tragis kali ini tentang tragedi berdarah yang merenggut lima nyawa warga Slawi akibat ulah dukun pengganda uang.

Banyak Tambang Ilegal di Merapi Rusak Lingkungan, Ganjar Pranowo Pusing

Gubernur Ganjar Pranowo meminta pemerintah pusat tidak sembarangan menerbitkan izin usaha penambangan karena banyak yang merusak lingkungan dan membuatnya pusing.

Kontroversi Gelar Kartini, Mestinya R. Ay Bukan RA, Begini Ceritanya

Gelar RA yang disematkan kepada Kartini sebagai tokoh emansipasi wanita di Indonesia kurang tepat, karena dalam budaya Jawa gelar Kartini mestinya R.Ay.

Wisata Seru ke Wonosobo: Romantis, Eksotis & Magis

Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, memiliki sederet objek wisata alam yang romantis, eksotis, dan magis.