SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Magelang [SPFM], Direktur UNESCO Madam Irina Bokova meminta agar PT Taman Wisata Candi Borobudur (PT TWCB) Magelang, Jawa Tengah memperlakukan khusus terkait pembersihan terhadap stupa candi Kunto Bimo yang terletak di pelataran candi bagian paling atas. Pasalnya patung Kunto Bimo ini sering disentuh oleh ratusan bahkan ribuan pengunjung yang sudah memiliki mitos jika menyentuh akan dapat keberuntungan. Padahal seringnya disentuh akan membuat kerusakan pada batu stupa dan patung.

Pernyataan itu disampaikan Madam Irina Bokova akhir pekan ini saat naik ke Candi Borobudur seusai menandatangani dan memasukkan salah satu batu candi sebagai simbol bahwa candi Borobudur telah dibersihkan dari kotoran abu vulkanik erupsi Merapi 2010 lalu. Irina Bokova secara langsung didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh serta Duta Besar Polandia Gregorz Wisniewski. UNESCO menargetkan bakal menjadikan peninggalan sejarah dunia menjadi 1.000 warisan dunia (herritage) di sebanyak 37 negara yang tersebar di seluruh dunia. [dtc/rda]

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya