SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarang (Solopos.com) – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menerima sebanyak 4.100 mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN yang akan diumumkan Kamis (30/6/2011) besok.

Rektor Undip, Prof Sudharto P Hadi, menyatakan jumlah tersebut hasil seleksi ujian tertulis dari sebanyak 33.215 orang yang mendaftar SNMPTN Undip 2011. “Mahasiswa jalur SNMPTN yang diterima 4.100 orang yang tersebar di 43 program studi yang ada di Undip,” katanya kepada wartawan di Semarang, Rabu (29/6/2011). Jika dilihat dari jumlah pendaftar yang mencapai 33.215 orang, sambung Rektor, jumlah yang diterima sebesar 13 %. Kondisi ini menunjukkan betapa ketatnya persaingan untuk diterima di Undip. “Angka keketatan masuk di Undip lebih tinggi dibandingkan masuk perguruan tinggi tingkat nasional sebesar 20%,” imbuhnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rektor menambahkan, dari 4.100 mahasiswa baru tersebut, sebanyak 97 mahasiswa merupakan dari jalur program Bidik Misi yakni mahasiswa yang mendapat biaya pendidikan dan biaya hidup dari Kementerian Pendidikan Nasional. Selain itu, ujar Prof Sudharto, Undip juga menyediakan beasiswa pendidikan persial bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga tak mampu. “Jadi kepada peserta yang diterima SNMPTN di Undip berasal dari keluarga tak mampu untuk mengajukan keringanan biaya pendidikan dengan membuat surat yang ditujukan kepada Pembantu Rektor II Undip di Rektorat Kampus Undip Tembalang,” ujarnya.

Terkait banyaknya peserta yang gagal pada SNMPTN 201, Rektor menyatakan karena masih banyak peserta yang melakukan kesalahan pada pengisian lembar jawaban sehingga jawabannya tak bisa dibaca mesin pemindai yang berakibat nilai tak keluar. “Karena nilai jawaban tak keluar peserta SNMPTN tak diterima sebagai mahasiswa di Undip dan perguruan tinggi negeri (PTN) lainnya,” jelas dia. Selain itu juga adanya peserta yang merasa pandai, terlalu percaya diri dengan hanya memilih satu program studi di satu PPT saja.

oto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya