Kampus Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. (Facebook.com-Universitas Diponegoro)

Solopos.com, SEMARANG — Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menerima 2.146 mahasiswa baru tahun akademi   2019/2020 dari jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Mereka yang diterima merupakan bagian dari 92.331 siswa yang dinyatakan lolos SNMPTN pada 85 perguruan tinggi negeri (PTN) se-Indonesia.

Dari jumlah sebanyak itu, 26.217 siswa di antaranya merupakan peserta biaya pendidikan mahasiswa miskin berprestasi (bidikmisi). Sementara itu, jumlah siswa yang mengikuti SNMPTN tahun mencapai 478.608 peserta.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Muhammad Zaenuri, menyampaikan selamat kepada 2.146  siswa yang saat ini diterima di Undip melalui jalur SNMPTN. Selanjutnya bagi calon mahasiswa yang diterima jalur ini, dipersilahkan untuk melihat secara terperinci dan melengkapi data-data yang diperlukan sesuai petunjuk di laman Internet resmi Undip. 

Para siswa yang dinyatakan diterima ini diharapkan hadir secara pribadi dan tidak boleh diwakilkan saat melakukan registrasi atau pendaftaran ulang, sebagai persyaratan untuk diproses lebih lanjut sesuai dengan fakultas dan program studi (prodi) yang dituju. 

“Saya berharap, semoga prestasi yang sudah diraih saat masuk melalui seleksi SNMPTN ini, dapat dipertahankan dan berlanjut ditingkat universitas nantinya” tutur Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip itu.

Senada diungkapkan Kepala Humas dan Media Undip, Nuswantoro Dwiwarno, yang mengatakan agar siswa yang sudah diterima melalui seleksi SNMPTN ini tidak menyia-nyiakan kesempatan belajar di Undip. Apalagi, mereka lolos seleksi setelah menyisihkan ratusan ribu pelamar lainnya.

Selain itu, menurut aturan baru dari LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) mereka yang sudah diterima melalui jalur ini, sudah terkunci data dan namanya sehingga tidak bisa mendaftar melalui jalur SBMPTN. “Bagi yang belum lolos seleksi SNMPTN, tetap harus semangat dan terus belajar serta berdoa untuk mengikuti test UTBK. Siapa tahu Tuhan memberikan jalan melalui jalur ini untuk masuk ke PTN yang diidamkan” tutur dosen Fakultas Hukum Undip itu.

Persaingan masuk PTN melalui jalur SNMPTN tahun ini cukup ketat. Data yang dikeluarkan  LTMPT, tercatat 478.608 siswa yang mendaftar seleksi, tapi hanya 92.331 siswa yang dinyatakan lolos seleksi. 

Universitas Brawijaya tercatat menerima paling banyak dari jalur SNMPTN, yaitu 3.957 siswa. Sedangkan Universitas Syah Kuala tercatat paling sedikit menerima mahasiswa melalui jalur ini, yakni sebanyak 2.039 siswa. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten