Rektor Undip, Prof. Yos Johan Utama (kanan), menerima penghargaan UI GreenMetric di Kampus UI, Depok, Selasa (3/12/2019). (Semarangpos.com-Humas Undip)

Solopos.com, SEMARANG — Universitas Diponegoro (Undip) Semarang meraih predikat kampus hijau terbaik ke-4 di Indonesia versi UI GreenMetric. Penghargaanitu diberikan dalam acara Penganugerahan UI GreenMetric World University Rankings 2019 di Balai Sidang Kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Selasa (3/11/2019).

Selain diganjar predikat kampus berwawasan lingkungan terbaik ke-4 se-Indonesia, Undip juga didapuk sebagai kampus terhijau ke-50 dunia.

UI GreenMeetric merupakan progam UI untuk menilai kampus atau perguruan tinggi berdasarkan komitmen dan tindakannya dalam melakukan penghijauan dan kepedulian terhadap lingkungan.

Tahun ini, pemeringkatan universitas berwawasan lingkungan itu diikuti 780 kampus dari 85 negara. Jumlah peserta ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya, yang hanya diikuti 719 universitas dari 81 negara.

Pemeringkatan UI GreenMetric of World Universities ini didasarkan pada tiga aspek yakni environment atau lingkungan, economic, dan equity, dengan bobot indicator penilaian terdiri dari keadaan dan infrastruktur kampus (15%), energi dan perubahan iklim (21%), pengelolaan sampah (18%), penggunaan air (10%), transportasi (18%), dan pendidikan (18%).

Rektor Undip, Prof. Yos Johan Utama, mengatakan Undip selama ini selalu memperhatikan lingkungan dalam pengembangan infrastrukturnya, baik pembangunan gedung kuliah, laboratorium, serta lingkungan sekitar.

“Beberapa upaya dilakukan guna menciptakan kampus hijau yang ramah lingkungan, antara lain dengan membangun fasilitas pengelolaan sampah terpadu, melarang pembakaran sampah, membuat taman dan hutan kamus, serta plasticless dan paperless sebagai upaya management sustainable menuju smart campus,” ujar Yos.

Yos pun mengajak seluruh civitas academica Undip untuk peduli terhadap lingkungan sebagai upaya menjaga keberlanjutan lingkungan dan sumber daya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten