SOLOPOS.COM - Ilustrasi. (Dok JIBI/BISNIS)

Ilustrasi. (Dok JIBI/BISNIS)

SEMARANG–Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menerima hibah  satu unit Kapal KM GUI HE YU 3368 dari Kejaksaan Agung (Kejagung).

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Kepala Humas Undip Semarang, Agus Naryoso, mengatakan kapal tersebut nantinya akan digunakan untuk sarana pendidikan dan latihan mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK).

“Penyerahan hibah kapal telah dilakukan pada akhir Desember lalu di Jakarta dari Kejagung kepada Dekan FPIK Prof Dr Ir Muhammad Zainuri,” ujarnya di Semarang akhir pekan kemarin.

Dekan FPIK, Prof Dr Ir Muhammad Zainuri DEA, menyatakan kapal akan digunakan praktik mahasiswa untuk penangkapan ikan; pengukuran data parameter; oseanografi; batimeter dan pemetaan wilayah, dan fishing ground.

“Kapal nantinya dilengkapi peralatan navigasi dan GPS sehingga dapat digunakan secara maksimal oleh mahasiswa,” ujar dia.

Setiap tahun, sambung dia, direncanakan dilakukan pelayaran ke daerah-daerah tertentu, misalnya mengelilingi pulau Jawa untuk mengidentifikasi persoalan perikanan pesisir dan kelautan.

“Adanya bantuan kapal ini diharapkan bisa meningkatkan kompetensi mahasiswa FPIK,” pungkasnya.

JIBI/SOLOPOS/Insetyono

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya