SOLOPOS.COM - ilustrasi (dok Solopos)

Semarang (Solopos.com)–Universitas Diponegoro (Undip)  dan Universitas Negeri Semarang (Unes) menambah kuota penerimaan mahasiswa baru program sarjana tahun ini, sebagai upaya partisipasi meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) perguruan tinggi.

Rektor Undip Prof. Sudharto P Hadi di Semarang, Sabtu (28/5/2011) mengatakan, daya tampung Undip untuk mahasiswa baru tahun ini mencapai 8.445 mahasiswa, sementara tahun 2010 Undip hanya menampung sekitar 8.100 mahasiswa.

Ia menjelaskan, penambahan daya tampung mahasiswa pada tahun ini sesuai arahan Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) yang mengharapkan partisipasi PTN meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) perguruan tinggi.

“Dirjen Dikti mengharapkan seluruh PTN bisa menyerap tambahan sebanyak 450.000 mahasiswa pada tahun ini sebagai bentuk partisipasi PTN meningkatkan APK perguruan tinggi,” kata Sudharto yang dikenal sebagai pakar lingkungan itu.

Selama ini, kata dia, masih banyak penduduk usia 19-23 tahun yang dalam usia kuliah ternyata belum memiliki kesempatan berkuliah di perguruan tinggi sehingga dengan penambahan kuota mahasiswa baru bisa membantu menuntaskannya.

Sudharto memerinci total daya tampung 8.445 mahasiswa baru itu, diperoleh melalui Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) undangan sebanyak 1.395 mahasiswa, SNMPTN tulis 3.768 mahasiswa, sisanya dari jalur mandiri.

Senada dengan itu, Pembantu Rektor 1 Unnes Agus Wahyudin menyebutkan bahwa kuota mahasiswa baru yang disediakan Unnes tahun 2011 mencapai 7.425 mahasiswa, naik dibandingkan tahun 2010 yang hanya menampung sekitar 5.700 mahasiswa.

“Penambahan kuota mahasiswa ini, kami lakukan secara merata di seluruh program studi dan fakultas, sesuai arahan Dirjen Dikti yang mengharapkan partisipasi PTN meningkatkan APK perguruan tinggi,” katanya.

Ia memerinci total daya tampung 7.425 mahasiswa baru itu dijaring melalui tiga jalur, yakni SNMPTN undangan sebanyak 3.945 mahasiswa, SNMPTN tulis 2.590 mahasiswa, dan jalur mandiri yang dinamakan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) 1.160 mahasiswa.

Menurut Agus, Dirjen Dikti memang mengeluarkan surat edaran (SE) sebagai arahan bagi seluruh PTN bisa menyerap tambahan 450.000 mahasiswa baru karena sampai saat ini masih banyak lulusan SMA dan sederajat yang belum mempunyai kesempatan meneruskan pendidikan di perguruan tinggi.

(antara/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya