SOLOPOS.COM - Manchester United tinggal selangkah lagi menuju fase grup Liga Champions. Ist/Reuters

Undian Liga Champions akan segera dilakukan setelah fase play off berakhir. Jika lolos ke fase grup, Setan Merah masuk pot 2.

Solopos.com, MANCHESTER— Manchester United tinggal selangkah lagi  mengklaim tiket ke fase grup Liga Champions. Tim polesan Louis van Gaal membawa bekal keunggulan 3-1 ketika bertandang ke markas Club Brugge pada leg kedua playoff, Jan Breydelstadion, Brugge, Belgia, Kamis (27/8/2015) dini hari WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Apabila misi itu berjalan mulus, United pun akan menjadi salah satu dari 32 tim yang bakal bertanding di fase grup. Pengundian alias drawing putaran grup akan digelar di Monaco, Kamis waktu setempat.

Jika lolos, maka Setan Merah, julukan United, akan masuk pot 2 dalam drawing tersebut. Mereka akan bergabung dengan dua tim Inggris lain di pot 2, yakni Manchester City dan Arsenal. Selain itu, UEFA juga mengonfirmasi bahwa Real Madrid, Atletico Madrid, dan Porto juga masuk pot 2.

Dari 32 tim yang lolos, mereka akan dibagi dalam delapan grup. Di mana masing-masing grup berisikan empat tim. Pada musim-musim sebelumnya, penentuan unggulan ditentukan berdasarkan koefisien peringkat di UEFA.
Namun mulai musim ini, pot 1 diperuntukkan bagi juara bertahan Liga Champions dan tim-tim yang menjadi juara di tujuh liga top Eropa.

Karena Barcelona memenangi Liga Primera dan Liga Champions sekaligus pada musim lalu, maka satu jatah di pot 1 lainnya diberikan kepada PSV Eindhoven dengan status juara Eredivisie, meski liga di Belanda itu masuk ranking delapan Eropa.

Seperti diketahui, tim dari negara yang sama tidak akan dipertemukan dalam satu grup. Sedangkan untuk prosedur pengundian lebih lanjut akan dijabarkan sebelum seremonial pengundian di Monaco.

Setan Merah sepertinya sudah tak sabar mencicipi gemerlap fase grup Liga Champions setelah musim lalu mereka gagal menembus turnamen paling glamor di Benua Biru itu. Seperti dilansir Daily Mail, Selasa (24/8/2015), United memboyong 18 pemain ke Brugge, Belgia untuk melakoni leg kedua playoff  ini.

Van Gaal dan kapten Wayne Rooney memimpin rombongan United  terbang dari Manchester Airport ke  Belgia. Sementara kiper David de Gea masih disisihkan dari tim polesan Van Gaal tersebut karena isu transfer ke Real Madrid. Chief Executive United, Ed Woodward, juga tampak dalam rombongan yang terbang ke Belgia.

Meski lini depan menjadi sorotan tajam karena mandul gol, United boleh bangga dengan barisan pertahanan mereka. Dalam tiga laga di Liga Premier musim ini, United selalu mencetak clean sheet. Chris Smalling yang ditempatkan sebagai bek sentral berpasangan dengan Daley Blind mengaku menikmati perannya sebagai penjaga jantung pertahanan Setan Merah.

“Saya merasa seperti di-bully oleh beberapa pemain [penyerang lawan] di beberapa laga pada masa lalu, namun semoga saya bisa konsisten untuk menampilkan yang terbaik di setiap pekan mulai saat ini,” jelas Smalling, seperti dilansir Reuters. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Penempatan Unggulan di Drawing Fase Grup Liga Champions
• Pot 1: Barcelona, Chelsea, Bayern Munich, Juventus, Benfica, Paris Saint-Germain, Zenit, PSV Eindhoven

• Pot 2: Real Madrid, Atletico Madrid, FC Porto, Arsenal, Manchester City

. Pot 2 atau 3: Sevilla, Olympique Lyonnais, Dynamo Kyiv

• Pot 3: Olympiacos, Galatasaray

• Pot 3 atau 4: Roma, Borussia Monchengladbach, Wolfsburg

• Pot 4: Gent

* Ket: 10 pemenang play-off akan masuk dalam pot-pot tersebut dengan menyesuaikan koefisien klub  masing-masing di UEFA.
Sumber: dailymail.co.uk/uefa.com. (hkt/JIBI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya