SOLOPOS.COM - Maket rel layang Joglo, Banjarsari, Solo. (Solopos-Ika Yuniati)

Solopos.com, SOLO — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memulai pembangunan underpass Simpang Joglo, Banjarsari, Solo, pada akhir 2022 mendatang. Pembangunan dilakukan guna mendukung dimulainya pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Solo Balapan-Kalioso.

Juga untuk mendukung rekayasa lalu lintas guna kelancaran mobilitas di Simpang Joglo oleh Kementerian Perhubungan yang selama ini sering terjadi kemacetan akibat persimpangan sebidang jalur kereta api.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian, mengapresiasi Kementerian Perhubungan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan Pemkot Solo yang telah bersinergi bersama Kementerian PUPR dalam upaya meningkatkan keselamatan dan kelancaran lalu lintas di Simpang Joglo.

Baca Juga: Ada Underpass di Rel Layang Joglo Solo, Pembebasan Lahan Bertambah

“Saat ini juga sedang disiapkan nota kesepahaman, sehingga masing-masing pihak mengetahui siapa berbuat apa dalam mengatasi kemacetan di Simpang Joglo,” terang Hedy melalui siaran pers yang diterima Solopos.com, Senin (10/1/2022).

Menurutnya, dukungan Kementerian PUPR antara lain pembangunan underpass di jalan nasional yakni Jl Ki Mangunsarkoro-Jl Sumpah Pemuda yang merupakan dari simpang tujuh Joglo. Di samping itu turut terlibat dalam penyusunan desain manajemen lalu lintas, selain memberi masukan teknis dalam pembangunan jalan layang kereta api.

Baca Juga: Rel Layang Kelar 2023, Waktu Tempuh Simpang Joglo Jadi Hanya 2 Menitan

Jalur Logistik

Seluruhnya direncanakan selesai total pada 2024. Hedy menyebut Simpang Joglo sejak lama bermasalah. Padahal jalur tersebut merupakan jalur logistik nasional non-tol penghubung Surabaya-Jakarta.

“Kami sedang menyiapkan pembebasan lahan dan desain underpass, dan kami harapkan pada awal semester II 2022, penyedia jasanya sudah siap sehingga akhir 2022 sudah mulai konstruksi,” jelasnya. Underpass tersebut akan memiliki total panjang 434 meter dengan lebar 18 meter. Konstruksinya ditargetkan rampung pada 2024 mendatang.

Baca Juga: Proyek Pembangunan Rel Layang Joglo Solo Resmi Dimulai

Sebelumnya, dalam sosialisasi pembangunan rel layang Joglo di Balai Kota Solo, Selasa (4/1/2022), Konsultan Manajemen Konstruksi Rel Layang Joglo, Hadi Yudariansyah, menyampaikan akan ada tambahan pembebasan lahan untuk pembangunan underpass dan penataan kawasan simpang Joglo. Penataan itu berupa bundaran atau round about yang berdiameter sekitar 50 meter.

Sebelumnya, pembangunan rel layang simpang Joglo sebagai bagian dari proyek pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Solo Balapan-Kalioso sudah dimulai dengan peletakan batu pertama pada Sabtu (8/1/2022). Tahap pertama proyek tersebut dikerjakan oleh PT Wijaya Karya (Wika) dan ditargetkan selesai akhir 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya