SOLOPOS.COM - Kasi Perencanaan Pendidikan Bidang Perencanaan dan Standarisasi Pendidikan, Disdikpora DIY Bahtiar Nurhidayat . (Harian Jogja/Sunartono)

Sekolah tersebut akan diprioritaskan menumpang di sekolah negeri

Harianjogja.com, JOGJA-Disdikpora DIY memastikan ada 200 SMA/SMK menumpang di sekolah lain dalam penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018. Sekolah tersebut akan diprioritaskan menumpang di sekolah negeri karena seluruh fasilitas ditanggung pemerintah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kasi Perencanaan Pendidikan Bidang Perencanaan dan Standarisasi Pendidikan, Disdikpora DIY Bahtiar Nurhidayat menjelaskan, berdasarkan rangkuman data dari laporan seluruh sekolah yang siswanya akan mengikuti UNBK, hingga awal Maret 2018 ada 771 sekolah jenjang SMA/SMK yang menyatakan siap secara mandiri menyelenggarakan UNBK. Ia memastikan semua sekolah negeri dapat menyelenggarakan UNBK secara mandiri.

Namun ia tidak menampik, ada beberapa sekolah yang meminta bantuan dengan menggunakan laptop milik siswa untuk nantinya akan dipakai guna menambah perangkat komputer. “Tetapi jumlahnya tidak banyak, sekolah yang akan menggunakan laptop siswa, sekedar untuk tambahan saja,” terangnya saat ditemui Harianjogja.com, Senin (5/3/2018).

Ia menambahkan, pada UNBK 2018 ini akan diikuti 102.427 siswa yang berasal dari 971 SMA/SMK di seluruh DIY. Dari jumlah itu, ada 200 SMA/SMK yang telah menyatakan tidak siap menjalankan secara mandiri karena keterbatasan fasilitas komputer. Sehingga, ia memastikan ada 200 sekolah yang akan menumpang di sekolah penyelenggara UNBK lainnya terutama lokasinya paling dekat.

“Sudah kami sarankan untuk menggabung ke sekolah negeri yang ada, karena kalau sekolah negeri kan tidak ada hitungan sewa listrik, semua sudah ditanggung pemerintah,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya