SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional yang dilaksanakan dengan sistem computer based test atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Dok.)

UNBK 2017 di DIY dipastikan berkurang 1 siswa

Harianjogja.com, JOGJA – Sebanyak 27.793 siswa SMK di DIY akan memulai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (3/4). Satu siswa dari sebuah sekolah swasta di  Kabupaten Bantul dipastikan tidak mengikuti ujian ini karena tersangkut kasus pidana.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sekretariat Ujian Nasional Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Agus menyatakan, belum mengetahui pasti tindak pidana yang dilakukan siswa kelas XII SMK tersebut hingga yang bersangkutan berurusan dengan kepolisian jelang pelaksanaan ujian.

“LP [laporan polisi]-nya kami belum tahu pasti tapi yang jelas yang bersangkutan ini tidak bisa ikut ujian,” ujar Agus kepada Harianjogja.com, Minggu (2/4/2017) petang.

Selanjutnya, lanjut Agus, pihaknya hinggu Minggu sore belum menerima laporan tentang adanya siswa lain yang berhalangan mengikuti ujian Senin ini.
Artinya, jumlah siswa SMK di DIY yang ikut ujian belum berubah. Dari data awal sebanyak 24.794 siswa, hanya satu yang dipastikan berhalangan ikut ujian, yakni siswa dari Bantul tersebut.

“Tapi kalau ada siswa sakit dadakan nanti malam ya kami belum tahu. Tapi sampai detik ini data belum berubah,” jelas dia.

Agus merinci, keseluruhan peserta ujian berasal dari 218 SMK baik negeri maupun swasta. Dari jumlah tersebut, sebanyak 201 sekolah sudah menyelenggarakan UNBK secara mandiri. Sementara hanya 17 sekolah yang terpaksa masih ujian bergabung ke sekolah lain karena belum adanya sarana penunjang UNBK.

Adapun jumlah sekolah yang masih menumpang ujian di sekolah lain paling banyak di Bantul, yakni ada tujuh sekolah. Disusul Gunungkidul ada lima sekolah dan Kulonprogo ada empat sekolah. Di Kota Jogja pun masih ada satu sekolah yang terpaksa masih menumpang pelaksanaan UNBK. Sleman menjadi satu-satunya wilayah tidak ada sekolah yang menumpang ujian.

Selanjutnya Agus menegaskan, untuk mendukung kelancaran UNBK ini, Disdikpora sudah menyurati PLN agar tidak ada pemadaman listrik saat berlangsungnya ujian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya