SOLOPOS.COM - Suasana pelaksanaan UNBK di SMK Muhammadiyah 2 Playen, Senin (4/4/2016). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

UNBK 2017 di DIY berjalan lancar

Harianjogja.com, JOGJA – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tingkat SMK di DIY berlangsung lancar pada jadwal hari kedua, Selasa (4/4/2017). Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (DIsdikpora) DIY mengklaim, pelaksanaan di hari kedua justru lebih lancar dibandingkan saat jadwal hari pertama yang sebenarnya juga nyaris tanpa persoalan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : UNBK 2017 : Hari Kedua untuk SMK Tetap Tanpa Kendala

Di  SMK Negeri 2 Kasihan, Bantul suasana kondusif mewarnai pelaksanaan ujian di hari kedua. Kepala SMK Negeri 2 Kasihan Syamsuri mengatakan, UNBK di hari pertama hingga kedua lancar tanpa kendala seperti listrik padam maupun gagal login ke server. Bahkan para siswa juga sangat lancar untuk mengerjakan soal di monitor.

Syamsuri menegaskan, ada 124 siswa yang ikut UNBK. Sudah kerap menggelar simulasi ujian dengan sistem computered based test (CBT) atau UNBK membuat para siswa tidak canggung untuk mengikuti ujian.

“Alhamdulillah semuanya berjalan lancar sesuai rencana yang diinginkan,” jelas Samsuri dalam kesempatan terpisah.

Dari 124 peserta ujian, jelas Samsuri, ada satu peserta berkebutuhan khusus. Siswa tersebut menderita keterbatasan low vision atau kemampuan melihat sangat rendah. Kendati begitu, peserta berkebutuhan khusus tersebut tetap ikut UNBK.

“Kami sediakan pendamping khusus bagi si anak ini. Jadi si anak ini tetap bisa lancar mengerjakan soal UNBK,” jelas dia.

Lebih lanjut Samsuri menegaskan, pelaksanaan ujian di sekolahnya juga berlangsung tiga sesi. Itu karena sarana penunjang UNBK belum bisa mengkover seluruh peserta ujian.

Di SMK Negeri 6 Jogja juga tidak ada masalah berarti meski jumlah peserta ujian di sekolah ini terbilang cukup banyak.

Kepala SMK Negeri 6 Jogja Rustamaji melaporkan, jumlah total peserta di sekolahnya ada 380 siswa.

“Kendati banyak pesertanya server juga tidak ada masalah. Para siswa juga lancar mengerjakan,” ujar Rustamaji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya