SOLOPOS.COM - Teknisi komputer SMAN 1 Sleman, Ardian Purwonugroho, mengecek komputer yang akan digunakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajaran 2015-2016 ini, Senin (2/11/2015). (Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati)

UNBK 2016 di Gunungkidul akan digelar di 35 sekolah

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-– Pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMA/SMK/MA yang akan dilaksanakan pada 4 April mendatang, Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul memastikan seluruh SMA/SMK/MA yang mengikuti UNBK telah siap baik perangkat maupun pesertanya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Sukito mengungkapkan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan sejumlah sekolah yang akan menjadi peserta UNBK pada 04 April mendatang.

Ekspedisi Mudik 2024

“Seluruh elemen sekolah yakni peserta UNBK, guru, pengawas, termasuk ketersediaan perangkat komputer dan jaringan internet dipastikan siap,” kata dia saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (11/3/2016).

Jumlah sekolah menengah di Gunungkidul yang nanti akan mengikuti UNBK berjumlah 35 sekolah diantaranya 29 SMK, 5 SMA, dan 1 MAN.

Ia mengaku bahwa sekolah yang mengadakan UNBK memang belum merata di 18 Kecamatan yang ada di Gunungkidul, terkecuali SMK. Untuk SMK, sudah mewakili masing-masing kecamatan, sedangkan untuk SMA dan MA memang belum merata. Untuk SMA yang sudah menerapkan UNBK yakni SMA N 1 Wonosari, SMA N 2 Wonosari, SMA 2 Playen, SMA Karangmojo, dan SMA Pembangunan.

Meskipun peserta UNBK belum merata di seluruh sekolah, ia berharap sekolah yang menjalankan UNBK tahun ini dapat memberikan hasil yang memuaskan sehingga dapat menjadi percontohan bagi sekolah lain. Pada tahun 2017 mendatang ia berharap seluruh SMA/SMK/MA dapat menjalankan UNBK secara serentak.

Sebab menurutnya, sistem UNBK justru lebih sederhana dan mudah dari sisi pengawasan dan tidak akan terjadi kasus kebocoran atau penggandaan soal karena sistemnya terpusat di satu jaringan.

Hanya saja ada masih ada beberapa hal yang kerap menjadi kendala yakni masalah jaringan, oleh karena itu menjelang UNBK pihaknya berkoordinasi dengan seluruh sekolah untuk mematangkan persiapan.

“Tadinya listrik yang belum memenuhi segera ditambahkan tegangannya untuk pelaksanaan UNBK nanti, termasuk jaringan internet sudah dioptimalkan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya