SOLOPOS.COM - Siswa SMKN 3 Jogja saat melakukan simulasi pengerjaan soal UNBK di kelas K10, Sabtu (9/1/2016). (Joko Nugroho/JIBI/Harian Jogja)

UNBK 2016 di Jogja akan diterapkan di 55 sekolah

Harianjogja.com, JOGJA- Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jogja Edy Heri Suasana mengatakan ada 55 sekolah yang akan melaksanakan UNBK di Kota Jogja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rinciannya, terdiri dari 27 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), 25 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan tiga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Edy menyebut hampir seluruh sekolah ini menyatakan siap menjalankan UNBK.

Meski demikian, Disdik juga tetap melakukan sejumlah upaya untuk membantu SMP pelaksana UNBK yang fasilitasnya masih belum memadai. Di antaranya mengusulkan pengadaan 570 unit komputer untuk SMP Negeri di Kota Jogja, untuk SMP N 5 Jogja, SMP N 8 Jogja. Untuk tahap berikutnya, pengadaan komputer akan dilakukan bagi SMP N 15 Jogja, SMP N 11 Jogja dan SMP N 13 Jogja.

Saat disinggung mengenai evaluasi pelaksanaan try out UNBK, Edy membenarkan masih adanya sejumlah kendala muncul dalam pelaksanaan try out. Seperti misalnya keterlambatan loading soal, karena koneksi yang kurang baik serta permasalahan di server pusat atau kementerian.

Selain itu jumlah komputer yang masih belum memfasilitasi untuk seluruh siswa, sehingga sekolah perlu meminjam laptop milik siswa.

“Untuk permasalahan loading yang lambat, supaya tidak terjadi keterlambatan, sekolah bisa menyalakan komputer sejak pukul 05.00 WIB pagi, agar tidak terjadi penumpukan permintaan loading [saat proses sinkronisasi atau download soal-soal],” terangnya.

Edy berharap pada 2017 seluruh sekolah dapat melaksanakan UNBK dan Dinas Bangunan Gedung dan Aset Daerah Sekretariat Kota Jogja mampu mengatasi kekurangan komputer di sejumlah sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya