SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)–Hasil ujian nasional (UN) ulang di Wonogiri menunjukkan tingkat keberhasil siswa naik dibanding tahun lalu. Pada UN ulang tahun ini yang baru kali pertama digelar, di Wonogiri terdapat 7 siswa yang tidak lulus, yakni enam anak SMA dan seorang siswa SMK.

Tingkat persentase kelulusan tahun ini mencapai 97%, sedangkan kelulusan tahun lalu hanya 96%. Sementara jumlah siswa yang mengikuti UN ulang sebanyak 337 anak terdiri atas siswa SMA sebanyak 223 siswa, siswa SMK (72 anak) dan siswa MA (42 anak). Untuk UN ulang kali ini, seluruh siswa MA lulus semua alias 100%.
Pernyataan itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri, H Suparno, Rabu (2/6). “Tingkat kelulusan siswa secara persentase naik dibanding tahun lalu. Tahun ini tingkat kelulusan mencapai 97% atau naik 1%,” ujarnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lebih lanjut mantan Kepala SMAN 2 RSBI Wonogiri ini berharap siswa yang tak lulus, segera mendaftarkan ke kelompok belajar (Kejar) Paket C yang akan digelar 10 Juni mendatang. Suparno mengakui, jadwal kelulusan UN ulang maju dari tanggal 12 Juni menjadi 3 Juni atau hari ini.

“Pengajuan jadwal kelulusan, lebih pada pertimbangan hasil UN sudah selesai. Daripada menunggu lama, lebih baik diajukan sehingga siswa bisa mendaftarkan ke perguruan tinggi. Waktu pendaftaran tidak lagi mepet.”

Ditambahkan oleh Kasi Kurikulum Disdik Wonogiri, Tariyo, dari enam siswa yang tidak lulus, pihak masih akan melakukan klarifikasi ke Disdik Semarang. “Ada dua anak yang nilainya kami ragukan, sehingga kami besok (hari ini) akan klarifikasi ke Semarang. Hal ini kami lakukan, karena pada lembar pengumuman atau lembar jawab soal tidak muncul tanda bintang. Hasil nilainya masih sama dengan hasil UN utama,” katanya.

Dijelaskannya enam anak yang tak lulus, terdiri atas tiga siswa di SMA Muhammadiyah Wonogiri dan masing-masing seorang siswa di SMAN 1 Wuryantoro, SMA Terbuka Pracimantoro dan SMA Pancasila 3 Paranggupito. Sedangkan seorang siswa yang tak lulus di kategori SMK, masih belum diketahui SMK mana.

Terpisah, Kepala SMAN 2 RSBI Wonogiri, Sardito dan Kepala SMAN 3 Wonogiri Dalimin saat mengonfirmasi menyatakan semua siswanya lulus pada UN ulang. Keduanya mengaku gembira karena pada tahun ini tidak memiliki sisa siswa. “Tujuh anak yang tak lulus tahun lalu juga lulus UN ulang, sehingga 29 siswa tak lulus UN utama semua sudah lulus,” ujar Dalimin.

tus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya