SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Ilustrasi(Espos/Dwi Prasetya)

SOLO--Siswa SMK yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) Teori Kejuruan diimbau teliti saat mengisi data. UN Teori Kejuruan SMK akan digelar Senin (19/3/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekretaris UN Kota Solo, Budi Setiono, mengungkapkan ketelitian sangat diperlukan agar data yang diisikan siswa pada lembar jawab komputer (LJK) tidak salah. “Misalnya saat mengisi nomor ujian, nama, kode soal dan melingkari jawaban,” terangnya saat ditemui wartawan seusai meninjau tempat penyimpanan soal UN Teori Kejuruan di SMKN 6 Solo, Jumat (16/3/2012).

Soal UN Teori Kejuruan, terangnya, terdiri atas dua paket soal. Yaitu paket soal A dan B. Waku mengerjakan soal selama 120 menit. Di Kota Solo, terangnya, ada 45 kompetensi keahlian yang berasal dari puluhan SMK.

Mekanisme pengawasan, katanya, menggunakan sistem silang penuh. Guru dari suatu sekolah tidak akan mengawasi pelaksaaan UN di sekolahnya, tapi di sekolah lain. Setiap ruang berisi 20 peserta UN. Khusus peserta UN dari sekolah yang program keahlianmnya belum terakreditasi, mereka harus menggabung ke sekolah lain yang sudah terakreditasi. “Karena ruangan kelas semua dipakai untuk ujian, siswa kelas X dan XI diminta belajar di rumah,” jelasnya.

Kepala SMKN 6 Solo, Sri Supartini, mengungkapkan sejak pelaksanaan Ujian Sekolah siswa kelas XII yang mulai digelar 12 Maret, siswa kelas X dan XI sudah diliburkan. Tahun ini jumlah siswa kelas XII SMKN 6 sebanyak 474 siswa yang berasal dari lima program keahlian. Yaitu Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Pemasaran, Usaha Perjalanan Wisata dan Multimedia.

Guna mempersiapkan siswa menghadapi UN, terangnya, telah dilakukan try out beberapa kali. Khusus ujian sekolah teori kejuruan, sengaja dilaksanakan Sabtu (17/3) besok, mepet dengan pelaksanaan UN Teori Kejuruan. “Jadi siswa bisa sekalian belajar,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya