SOLOPOS.COM - Soal Ujian Nasional (UN) untuk SMA dan SMK untuk kota Solo telah datang dan ditempatkan dalam ruang bersegel di SMK Negeri 2 Manahan, Solo, Sabtu (12/4/2014). Soal UN tersebut mendapat pengamanan ekstra ketat agar tidak bocor. (Sunaryo HB/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO–Ratusan amplop naskah soal ujian nasional (UN) untuk SMA/SMALB/MA/SMK se-wilayah Kabupaten sukoharjo yang disimpan di aula kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Sukoharjo dijaga ketat polisi. Rencananya naskah soal itu baru akan didistribusikan ke 59 sekolah di Sukoharjo mulai Senin (14/4/2014) pagi sampai Rabu (16/4/2014).

“Naskah itu tiba di kantor tadi [Sabtu] pukul 04.00 WIB. Karena berangkat dari tempat pengambilan naskah soal di Semarang pada pukul 02.00 WIB,” ujar Kepala Bidang SMP/SMA Dinas Pendidikan (Disdik) Sukoharjo, Dwi Atmojo Heri ketika ditemui wartawan di sela-sela mengontrol sejumlah bawahannya yang mengecek kelengkapan naskah soal UN di aula Disdik Sukoharjo, Sabtu (12/4).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut dia naskah soal UN tersebut setiba di kantor Disdik tak bisa segera dibongkar dan dimasukkan ke aula. Karena dokumen negara itu tiba di kantornya terlalu pagi, sehingga tak berani membongkar muatan truk pengangkut naskah soal UN tersebut.

Pihaknya harus menunggu sampai pukul 05.30 WIB higga Kepala Disdik Sukoharjo, Bambang Sutrisno, panitia UN, tim pemantau dan polisi ada di tempat. Setelah semua petugas lengkap muatan pada truk boks dibongkar dan dimasukkan ke aula kantor dinas setempat.

Selanjutnya, petugas pengelompokkan sampul, naskah dan sekolah. Hal ini untuk memanfaatkan waktu tersisa satu hari sebelum UN digelar sehingga jika ada kekurangan pihaknya bisa segera mengajukan permohonan kekurangan tersebut.

Kendati demikian Heri mengaku lega, sebab setelah dicek ribuan naskah soal UN yang semula masih dalam keadaan tersegel, dinyatakan lengkap. Karena berdasarkan pengecekan tak ada kekurangan, sehingga pihaknya tak perlu meminta tambahan naskah soal ke provinsi.

“Lengkap semuanya tidak ada kekurangan, jumlah amplop untuk SMA/MA 1.350 buah dan untuk SMK ada 846 amplop naskah soal,” kata dia.

Dia menambahkan saat UN itu baru akan didistribusikan pada Senin besok karena UN hari pertama digelar hari itu. Untuk itu pihaknya akan melayani pengambilan naskah soal UN muli pukul 05.00 WIB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya