SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UN). (JIBI/Antara/Syaiful Arif)

UN Perbaikan Solo, penyelenggara menggelar ujian Mapel Matematika dalam dua sesi.

Solopos.com, SOLO–Hari kedua penyelenggaraan Ujian Nasional Perbaikan (UNP) tahun ajaran 2014/2015 yang bertempat di SMK Negeri (SMKN) 2 Solo, Selasa (23/2/2016), digelar dua sesi. Sesi pertama diikuti enam peserta, sedangkan sesi kedua diikuti dua peserta.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) SMA Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, selaku Panitia UN Kota Solo 2014/2015, Budi Setiono, jadwal UNP hari kedua adalah Mata Pelajaran (Mapel) Matematika. Jumlah peserta UNP ujian Matematika di Kota Solo, semula terdaftar melalui online tercatat ada sepuluh orang. Namun yang melakukan daftar ulang di SMKN 2 Solo ada delapan orang.

“Sesuai konfirmasi yang kami terima sejauh ini, enam peserta ikut ujian di sesi pertama yang dimulai pukul 07.30 WIB. Sementara dua peserta lainnya ikut sesi kedua karena pada pagi hari mereka tidak bisa, sehingga kami layani ujian di sesi kedua,” terang Budi ketika ditemui wartawan di sela-sela pelaksanaan UNP di SMKN 2 Solo, Selasa.

Budi membenarkan UNP dengan Mapel Bahasa Indonesia hari pertama, Senin (22/2/2016), sedianya diikuti dua peserta. Keduanya dari Jogja. Namun dia menjelaskan pada pelaksanaan ujian tersebut, keduanya batal mengikuti lantaran beberapa faktor.

“Sebenarnya panitia sudah menunggu dan sudah siap melaksanakan UNP. Namun belakangan, kedua peserta tersebut mengundurkan diri karena beberapa faktor,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Wakil Kepala Bidang Humas SMKN 2, Kasmadi. Kasmadi menjelaskan sebelumnya tercatat ada tiga peserta yang mendaftarkan diri secara online melalui website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengikuti UNP hari pertama dengan Mapel Bahasa Indonesia. Namun dari tiga orang itu, hanya dua orang yang mendaftar ulang.

“Dua orang tersebut dari Jogja, seharusnya ikut UNP hari pertama, namun ternyata kemarin (Senin) mereka batal ikut ujian,” imbuhnya.

Budi menjelaskan menurut data dari Kemendikbud, jumlah total peserta yang mendaftarkan diri secara online untuk UNP semula ada 64 orang. Namun yang kemudian melakukan daftar ulang fisik totalnya hanya 13 orang. Mereka berasal dari sekolah di berbagai daerah, di antaranya Solo, Jogja, Pekalongan, bahkan Palangkaraya.
Mereka tidak harus mengikuti ujian untuk semua mapel melainkan mapel yang nilainya di bawah 55 saja.

“Ya sesuai ketentuan, yang bisa diulang hanya mapel UN yang nilainya di bawah 55. Jadi peserta UNP ini beda-beda untuk setiap mapelnya. Ada yang hanya ikut UNP Bahasa Indonesia, ada yang ikut Mapel Matematika, atau Bahasa Inggris, tergantung nilai mereka yang di bawah 55 itu mapel apa,” jelasnya.

Untuk bisa mengikuti ujian, para peserta sebelumnya harus daftar ulang dan menunjukkan berkas persyaratan yang ditentukan kepada panitia penyelenggara di daerah yang telah dipilih masing-masing peserta.

UNP tersebut diikuti siswa dari jenjang SMA, MA, dan SMK. Menurut jadwal dari Kemendikbud, UNP dijadwalkan Senin-Kamis (22-25/2/2016) dan dilanjutkan Senin-Rabu (29/2-1/3). Untuk UNP hari ketiga, Rabu (24/2/2016) dengan Mapel Bahasa Inggris, rencananya diikuti tiga peserta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya