SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

UN 2016 untuk siswa SLB membutuhkan peran orang tua untuk persiapannya

Harianjogja.com, BANTUL- Siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) memang harus mendapatkan pendampingan yang ekstra dibanding siswa sekolah pada umumnya, hal tersebut juga sangat berpengaruh dalam kesiapan siswa SLB menghadapi Ujian Nasional (UN).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wakil Kepala (Waka) Sekolah bagian kurikulum SLB Marsudi Putra I Saji mengatakan, Persiapan sekolah dalam menghadapi UN sudah mencapai 90%.

“Sekolah memang sudah siap mengadakan UN, namun yang terpenting adalah bagaimana kesiapan mental siswa itu sendiri,” ujar Saji, Selasa (15/3/2016).

Jika di sekolah murid selalu diberi arahan dan bimbingan oleh para guru, sebaiknya hal tersebut juga dilakukan di rumah. Peran orang tua dalam memberikan pengertian rasa percaya diri kepada kemampuan anak sangat dibutuhkan untuk membangun mental anak salam menghadapi UN.

Sebagai contoh SLB Marsudi Putra I yang terletak di Manding, Trirenggo, Bantul,  sekolah ini sudah mengadakan pertemuan dengan wali murid.

“Orang tua siswa sudah kami panggil ke sekolah, terkait dengan bagaimana kesiapan mereka dalam membantu mempersiapkan mental anak-anaknya yang akan melaksanakan UN,” tambah Saji.

Wali murid siswa SMPLB Sri Mulyani mengatakan, dalam menghadapi UN kesiapan anak terkadang melebihi kesiapan orang tua sendiri. “Anak memang sudah siap menghadapi ujian, namun terkadang mereka juga masih labil dan masih merasa kurang percaya diri daalan mengerjakan soal ujian,” ujar Sri.

Dalam membantu siswa untuk lebih mempersiapkan diri, pihak sekolah sudah beberapa kali mengadakan try out. Gunanya untuk membantu dan mengarahkan murid dalam mengerjakan dan menjawab soal ujian nanti.

“Try out sudah beberapa kali dilakukan, dilakukan sama persis dengan gambaran ujian nasional yang sesungguhnya dengan alat dan peendampingan yang khusus pula dari guru,” imbuh Saji.

Untuk jadwal UN, siswa SLB akan melaksakan mulai bulan April hingga Mei. Dimulai dari siswa SMALB pada tanggal 4-6 April, SMPLB pada tanggal 9-12 Mei, dan terakhir SDLB pada tanggal 16-18 Mei.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya