Tutup Iklan

UN 2015 : SMKIT Smart Informatika-SMAN 3 Solo Sabet Nilai Rata-Rata Tertinggi

UN 2015 : SMKIT Smart Informatika-SMAN 3 Solo Sabet Nilai Rata-Rata Tertinggi

SOLOPOS.COM - UN 2015 di SMAN 1 Solo, Selasa (14/4/2015). (Reza Fitriyanto/JIBI/Solopos)

UN 2015 di Solo kembali didominasi SMAN 3, SMAN 4, dan SMAN 1. Di kategori SMK, SMKIT Smart Informatika jadi nomor 1.

Solopos.com, SOLO -- Pengumuman hasil pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2015 jenjang SMA/MA dan SMK direncanakan dilakukan serentak di masing-masing sekolah di Solo, Jumat (15/5/2015), pukul 15.00 WIB. SMAN 3 Solo dan SMKIT Smart Informatika tahun ini meraih nilai rata-rata tertinggi UN.

Untuk jenjang SMA/MA di Solo, tiga besar peringkat sekolah peraih nilai rata-rata tertinggi UN untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan Bahasa Inggris, didominasi sekolah negeri. Tiga sekolah yang masuk peringkat tiga besar tingkat Kota Solo tersebut adalah SMAN 3, SMAN 1, dan SMAN 4.

Sedangkan untuk SMK, nilai tertinggi UN untuk ketiga mapel tersebut didominasi sekolah swasta. Tiga SMK yang masuk peringkat tiga besar Kota Solo yaitu SMK Islam Terpadu (SMKIT) Smart Informatika, SMK Farmasi Nasional, dan SMK Analis Kesehatan Nasional.

Kepala SMKIT Smart Informatika, Arif Priyanto, saat dimintai konfirmasi seputar peringkat tiga besar SMK peraih nilai rata-rata tertinggi UN di Kota Solo tersebut, Rabu, membenarkan hal itu. Arif mengatakan sekolahnya berhasil meraih peringkat I nilai rata-rata UN tertinggi untuk tingkat Kota Solo tahun ini.

“Alhamdulilah kami bersyukur pada Allah SWT atas prestasi ini dan berterima kasih kepada semua pihak, seluruh dewan guru SMKIT Smart Informatika, Yayasan Solopeduli, beserta seluruh donatur. Walaupun sekolah kami ini gratis, tapi kami bisa membuktikan dengan prestasi yang membanggakan. Semoga di tahun-tahun yang akan datang SMKIT Smart Informatika bisa mempertahankan prestasinya,” ungkap Arif melalui pesan singkatnya yang dikirim kepada Solopos.com, Rabu.

Terpisah, saat dimintai konfirmasi, Kepala SMAN 4 Solo, Yusmar Setyobudi, juga membenarkan SMAN 4 Solo masuk peringkat tiga besar peraih nilai rata-rata tertinggi UN untuk jenjang SMA/MA. Di tingkat Kota Solo tersebut, SMAN 4 meraih peringkat 2 untuk program IPS dan peringkat 3 untuk program IPA. “SMAN 4 Solo juga masuk 10 besar tingkat Provinsi Jawa Tengah,” ungkapnya.

Yusmar menambahkan, di tingkat provinsi tersebut, SMAN 4 Solo meraih peringkat 9 untuk program IPA dan peringkat 7 untuk program IPS. Ditemui terpisah di Kantor Disdikpora Solo, Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen), Budi Setiono, menjelaskan, selain melayangkan SE tentang mekanisme pengumuman kelulusan UN, Disdikpora juga telah menyampaikan hasil UN dalam bentuk Daftar Kolektif Hasil Ujian Nasional (DKHUN) kepada sekolah-sekolah, Selasa (12/5/2015) lalu.

Sedangkan untuk kelulusan siswa, dia menjelaskan menjadi kewenangan masing-masing sekolah yang akan diputuskan melalui rapat pleno dewan guru di sekolah. "Setelah rapat pleno di sekolah tersebut, sekolah akan mengumumkan kelulusan siswa kepada orang tua, termasuk jika sekolah juga ingin menyampaikan nilai UN para siswa. Sesuai imbauan kami, sekolah diminta mengumumkan kelulusan tersebut Jumat sore, pukul 15.00 WIB,” terangnya.

Selepas pengumuman, Budi menambahkan, sekolah kemudian melaporkan data siswa yang lulus kepada Disdikpora Solo untuk pembuatan ijazah dan surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN). Sebelumnya, Disdikpora telah mengimbau agar eforia kelulusan sekolah tidak dirayakan para siswa dengan cara berlebihan.

Untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan saat pengumuman tersebut, termasuk meminimalisasi aksi corat-coret seragam sekolah atau arak-arakan dengan kendaraan bermotor oleh para siswa selepas pengumuman, sekolah juga diimbau agar menyelenggarakan kegiatan full day sampai saat penyampaian surat hasil UN kepada para orang tua dan siswa.

Berkaitan dengan itu, Kepala SMAN 4 Solo, Yusmar, menambahkan, pihaknya berencana menggelar lomba keluwesan busana antarsiswa di sekolah setempat. “Lomba ini akan kami adakan menjelang pengumuman,” terang Yusmar.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kasus Covid-19 Melonjak, Pemkab Boyolali Perketat PPKM Mikro

Kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Boyolali melonjak dalam beberapa waktu terakhir. Pemkab Boyolali pun memperketat aturan PPKM berskala Mikro.

Positif Covid-19, Hanung Bramantyo Awalnya Tunjukkan Gejala Ini

Di unggahan Instagram, Zaskia juga mengungkap kronologis sampai Hanung dinyatakan positif Covid-19.

Pemkab Klaten Hibahkan Lahan untuk Polsek Ngawen, Kapan Ditempati?

Selain lahan seluas 700 m2 sebagai Polsek Ngawen, Pemkab Klaten juga menyerahkan tiga unit kendaraan operasional ke Polres Klaten.

Islam Aboge, Akulturasi Dakwah dengan Muatan Budaya Lokal

Islam Jawa atau yang dikenal dengan Islam Kejawen sejak lama telah dikenal sebagai akomodatif dengan muatan budaya lokal.

Kades dan Carik Tenggak Sragen Positif Covid-19, Balai Desa Tetap Buka

Kepala Desa atau Kades Tenggak, Kecamatan Sidoharjo, Sragen, Setyanto, terkonfirmasi positif Covid-19 dengan status tanpa gejala. Ia harus menjalani isolasi mandiri.

Vaksin Ampuh, 90% Nakes di Kudus yang Terpapar Covid-19 Sembuh

90% Tenaga kesehatan (nakes) di Kudus yang sempat terpapar Covid-19 akibat menangani pasien berangsur pulih, mereka sebelumnya sudah menjalani vaksinasi.

Stripe Baru Bikin Tampilan Honda New CB150 Verza Makin Segar

Honda New CB150 Verza dapat sentuhan terkini oleh PT Astra Honda Motor (AHM) berupa stripe baru untuk menonjolkan kesan gagah.

Jadwal Euro 2020 Malam Ini, Inggris Vs Skotlandia Main Pukul 02.00 WIB

Inggris dan Skotlandia acapkali disebut punya rivalitas tertua di dunia, keduanya melakoni duel pertama pada 30 November 1872.

Underpass Makamhaji Sukoharjo Rawan Kecelakaan, Banyak Pengemudi Tak Melihat Beton Pembatas Jalan

Kecelakaan lalu lintas kerap kali terjadi di area Underpass Makamhaji, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Terbaru, mobil menabrak beton pembatas jalan.

Waduh! Kasus Covid-19 Naik Tajam, Mungkinkah RI Susul India?

Meski kasus Covid-19 naik tajam, sayangnya masih saja ada warga RI yang abai akan protokol kesehatan.

Gara-Gara Covid-19 Meningkat, 1 Gang di Selokaton Karanganyar Lockdown

Lockdown diberlakukan di salah satu gang perkampungan di Ngangkruk, Selokaton, akibat kasus Covid-19 cukup tinggi. 

Ribuan Petak Keramba Ikan di Rawa Jombor Klaten Terancam Digusur

Ribuan petak keramba ikan jaring apung yang berada di kawasan Rawa Jombor Klaten terancam digusur proyek revitalisasi.