UN 2015 : SMKIT Smart Informatika-SMAN 3 Solo Sabet Nilai Rata-Rata Tertinggi

UN 2015 : SMKIT Smart Informatika-SMAN 3 Solo Sabet Nilai Rata-Rata Tertinggi

SOLOPOS.COM - UN 2015 di SMAN 1 Solo, Selasa (14/4/2015). (Reza Fitriyanto/JIBI/Solopos)

UN 2015 di Solo kembali didominasi SMAN 3, SMAN 4, dan SMAN 1. Di kategori SMK, SMKIT Smart Informatika jadi nomor 1.

Solopos.com, SOLO -- Pengumuman hasil pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2015 jenjang SMA/MA dan SMK direncanakan dilakukan serentak di masing-masing sekolah di Solo, Jumat (15/5/2015), pukul 15.00 WIB. SMAN 3 Solo dan SMKIT Smart Informatika tahun ini meraih nilai rata-rata tertinggi UN.

Untuk jenjang SMA/MA di Solo, tiga besar peringkat sekolah peraih nilai rata-rata tertinggi UN untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan Bahasa Inggris, didominasi sekolah negeri. Tiga sekolah yang masuk peringkat tiga besar tingkat Kota Solo tersebut adalah SMAN 3, SMAN 1, dan SMAN 4.

Sedangkan untuk SMK, nilai tertinggi UN untuk ketiga mapel tersebut didominasi sekolah swasta. Tiga SMK yang masuk peringkat tiga besar Kota Solo yaitu SMK Islam Terpadu (SMKIT) Smart Informatika, SMK Farmasi Nasional, dan SMK Analis Kesehatan Nasional.

Kepala SMKIT Smart Informatika, Arif Priyanto, saat dimintai konfirmasi seputar peringkat tiga besar SMK peraih nilai rata-rata tertinggi UN di Kota Solo tersebut, Rabu, membenarkan hal itu. Arif mengatakan sekolahnya berhasil meraih peringkat I nilai rata-rata UN tertinggi untuk tingkat Kota Solo tahun ini.

“Alhamdulilah kami bersyukur pada Allah SWT atas prestasi ini dan berterima kasih kepada semua pihak, seluruh dewan guru SMKIT Smart Informatika, Yayasan Solopeduli, beserta seluruh donatur. Walaupun sekolah kami ini gratis, tapi kami bisa membuktikan dengan prestasi yang membanggakan. Semoga di tahun-tahun yang akan datang SMKIT Smart Informatika bisa mempertahankan prestasinya,” ungkap Arif melalui pesan singkatnya yang dikirim kepada Solopos.com, Rabu.

Terpisah, saat dimintai konfirmasi, Kepala SMAN 4 Solo, Yusmar Setyobudi, juga membenarkan SMAN 4 Solo masuk peringkat tiga besar peraih nilai rata-rata tertinggi UN untuk jenjang SMA/MA. Di tingkat Kota Solo tersebut, SMAN 4 meraih peringkat 2 untuk program IPS dan peringkat 3 untuk program IPA. “SMAN 4 Solo juga masuk 10 besar tingkat Provinsi Jawa Tengah,” ungkapnya.

Yusmar menambahkan, di tingkat provinsi tersebut, SMAN 4 Solo meraih peringkat 9 untuk program IPA dan peringkat 7 untuk program IPS. Ditemui terpisah di Kantor Disdikpora Solo, Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen), Budi Setiono, menjelaskan, selain melayangkan SE tentang mekanisme pengumuman kelulusan UN, Disdikpora juga telah menyampaikan hasil UN dalam bentuk Daftar Kolektif Hasil Ujian Nasional (DKHUN) kepada sekolah-sekolah, Selasa (12/5/2015) lalu.

Sedangkan untuk kelulusan siswa, dia menjelaskan menjadi kewenangan masing-masing sekolah yang akan diputuskan melalui rapat pleno dewan guru di sekolah. "Setelah rapat pleno di sekolah tersebut, sekolah akan mengumumkan kelulusan siswa kepada orang tua, termasuk jika sekolah juga ingin menyampaikan nilai UN para siswa. Sesuai imbauan kami, sekolah diminta mengumumkan kelulusan tersebut Jumat sore, pukul 15.00 WIB,” terangnya.

Selepas pengumuman, Budi menambahkan, sekolah kemudian melaporkan data siswa yang lulus kepada Disdikpora Solo untuk pembuatan ijazah dan surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN). Sebelumnya, Disdikpora telah mengimbau agar eforia kelulusan sekolah tidak dirayakan para siswa dengan cara berlebihan.

Untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan saat pengumuman tersebut, termasuk meminimalisasi aksi corat-coret seragam sekolah atau arak-arakan dengan kendaraan bermotor oleh para siswa selepas pengumuman, sekolah juga diimbau agar menyelenggarakan kegiatan full day sampai saat penyampaian surat hasil UN kepada para orang tua dan siswa.

Berkaitan dengan itu, Kepala SMAN 4 Solo, Yusmar, menambahkan, pihaknya berencana menggelar lomba keluwesan busana antarsiswa di sekolah setempat. “Lomba ini akan kami adakan menjelang pengumuman,” terang Yusmar.

Berita Terkait

Berita Terkini

Wow, Pelopor Batik Asal Solo Go Tik Swan Hari Ini Nampang di Google

Pada 1950-an, Swan memenuhi permintaan presiden dengan memadukan teknik batik daerah untuk memperkenalkan Batik Indonesia.

Mobil Travel Gelap Disetop Petugas Pos Makutho Solo, Penumpang Dipulangkan

Satu unit mobil elf yang diduga travel gelap dihentikan petugas di pos penyekatan Tugu Makutho Solo pada Senin (10/5/2021) pukul 23.30 WIB.

Berumur Belum 1 Bulan, AirTag Apple Sudah Kena Retas

Kurang dari sebulan sejak peluncurannya Air Tag Apple sudah bisa diretas oleh peneliti keamanan asal Jerman.

Tegas! Bupati Karanganyar Usul Penanganan Covid-19 Serahkan ke Pemda Saja

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengusulkan penanganan Covid-19 diserahkan kepada pemda setempat.

Pemkot Jogja Ingatkan Warganya Tidak Lakukan Takbir Keliling

Pemkot Jogja melarang warganya menggelar takbir keliling. Takbir hanya boleh dilaksanakan di masjid di wilayah masing-masing.

Lebaran 2021: Jumlah Pemudik ke Sukoharjo Lebih Sedikit Dibanding Tahun Lalu

Jumlah perantau yang mudik ke Sukoharjo pada Lebaran kali ini lebih sedikit daripada tahun 2020.

Jelang Lebaran, Satpol PP Klaten Garuk 3 Pasangan Tak Resmi di Hotel Melati

Tim gabungan menyasar ke sejumlah hotel melati di kawasan kota dan Klaten bagian timur, total hotel yang disasar mencapai empat sampai lima hotel.

ABG Sopir VW Kuning Penabrak Polisi di Pos Penyekatan Klaten Mediasi dengan Korban, Hasilnya?

ABGpenabrak polisi di pos penyekatan pemudik di Klaten dengan mobil VW kuning telah menjalani mediasi dengan korban.

Jangan Sembrono Makan! 5 Penyakit Ini Rentan Muncul Pasca Lebaran

Inilah lima penyakit yang rentan muncul pasca Lebaran karena konsumsi makanan yang tak terkontrol saat Hari Raya Idulfitri.

Libur Lebaran 2021, Ini Jasa Pengiriman yang Tetap Beroperasi

Meski masa libur lebaran, beberapa ekspedisi pengiriman barang diantaranya Pos Indonesia dan JNE tetap beroperasi.

Mercedes Benz Siapkan Van Listrik EQT Concept

Mercedes-Benz memperkenalkan van listrik untuk keluarga meskipun masih dalam bentuk konsep.

Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Susu, Sebelum atau Sesudah Makan?

Adakah waktu yang tepat untuk minum susu agar penyerapan nutrisinya maksimal?