SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Siswa Baca Soal Ujian JIBI/Solopos/Burhan Aris Nugraha

Foto Ilustrasi Siswa Baca Soal Ujian
JIBI/Solopos/Burhan Aris Nugraha

SLEMAN-Naskah soal Ujian Nasional (UN) bahasa inggris untuk program IPA dan IPS pada sebuah SMA di Bantul tertukar dan belum dapat dipindai hingga saat ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan pemantauan Perguruan Tinggi (PT), Rektor UNY Rochmat Wahab mengatakan secara keseluruhan polaksanaan Un di DIY berjalan lancar. Hanya diakuinya ada satu persoalan yang sempat terjadi pada Selasa (16/4).

“Ada satu soal yang terselip, karena soal bahasa inggris di sebuah SMA di Bantul tertukar. Jadi soal ujian Bahasa Inggris untuk program IPA tertukar untuk IPS, begitu juga sebaliknya,” terang dia saat ditemui di UNY, Kamis (18/4).

Alhasil, Lembar Jawab Ujian Nasional (LJUN) untuk dua kelas yang sudah dilengkapi barcode tidak dapat dipindai hingga saat ini.

UNY sendiri tengah menunggu instruksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mendapatkan solusi terbaik.

Menurutnya persoalan ini terjadi karena pengawas pada sekolah tersebut kurang cermat. Dari evaluasi di lapangan diketahui pengawas hanya memperhatikan keterangan soal Bahasa Inggris, sedang informasi peruntukan soal ujian antara jurusan IPA dan IPS diabaikan. Pertanggungjawaban, kata dia, juga akan diserahkan kepada pengawas.
“Padahal soal dan LJUN sudah dilengkapi barcode sangat sensitif sehingga tidak bisa menganalisa. Ketahuannya pun saat kami (UNY) berusaha memindai tapi kok gagal,” cerita dia.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya