SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Dewan Pendidikan Kota Solo (DPKS) akan segera melaporkan sejumlah temuan pelanggaran maupun kekurangan saat Ujian Nasional (UN) 2013 jenjang SMA dan sederajat yang dilaksanakan Senin-Kamis (15-18/4) kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo.

Nantinya, dari berbagai temuan itu akan dijadikan masukan untuk Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi, terutama berkaitan dengan penyelenggaraan UN tahun depan. Ketua DPKS, Ichwan Dardiri, mengatakan selama empat hari penyelenggaraan UN masih ada sejumlah naskah soal yang tidak lengkap dan pengawas yang datang terlambat.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

“Ada satu siswa yang sudah mengerjakan soal UN, tapi setelah dibuka lembar sebaliknya ternyata kosong. Hal itu kan merugikan siswa,” tegas Ichwan ketika dihubungi Solopos.com, Kamis (18/4/2013).

Menurutnya, hal itu merupakan kecerobohan siswa dan pengawas ruang. Kerusakan itu membuat siswa harus mengulang dari awal untuk mengerjakan UN, sebab naskah soal pengganti memiliki tipe yang berbeda.

Seharusnya siswa lebih teliti sebelum mulai mengerjakan UN, sehingga tidak terjadi masalah itu. Selain itu, lanjutnya, sudah sepantasnya pengawas mengimbau siswa untuk mengecek naskah soal dan lembar jawab komuter (LJK) sebelum mulai mengerjakan.

Selama empat hari penyelenggaraan UN, menurut Ichwan, ada satu pengawas yang terlambat datang ke sekolah.

“Kebetulan ada satu pengawas yang terlambat. Pengawas itu jangan sampai dipakai lagi tahun depan,” tandasnya.

Menurutnya, kedisiplinan memang sudah sepantasnya diterapkan untuk pengawas ruang. Ichwan mengungkapkan beberapa pelanggaran kedisiplinan pengawas itu harus menjadi perhatian ekstra. Dia menduga sosialisasi peran dan tugas pengawas itu berjalan kurang maksimal.

Meski demikian, dia mengatakan penyelenggaraan UN tahun ini lebih kondusif daripada tahun lalu, terutama siswa yang tidak lagi percaya dengan bocoran jawaban. Apalagi, tahun ini sistem pelaksanaan UN juga lebih ketat, yakni dengan disediakan 20 macam soal UN di setiap ruang ujian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya