SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Soal Ujian JIBI/Solopos/Burhan Aris Nugraha

Foto Ujian Nasional Tunanetra
JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi

JOGJA-Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA/SMK dan sederajat untuk siswa disabilitas tidak dilengkapi dengan lembar jawaban komputer (LJK).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satunya dialami siswa tuna netra di SMA Muhammadiyah 4 Jogja.

“Siswa yang mengerjakan soal dengan huruf braille tidak memperoleh lembar jawaban komputer (LJK) sehingga jawaban dari siswa dituliskan di lembar jawaban kosong biasa,” kata Kepala SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta Ahmad Djaman di Jogja, Senin (15/4).

Menurut dia, di sekolahnya terdapat dua siswa disabilitas yaitu penyandang tuna netra. Salah satu siswa memperoleh soal dengan huruf braille, sedang siswa lain memperoleh soal umum.

Siswa tuna netra yang memperoleh soal umum tetap mendapatkan LJK dan selama ujian dibantu oleh pendamping dalam membacakan soal dan menuliskan jawabannya di LJK. Keduanya melaksanakan ujian di ruangan yang sama.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jogja, Edy Heri Suasana mengatakan pelaksanaan UN SMA/SMK pada hari pertama berjalan dengan lancar di pihaknya belum menerima adanya keluhan yang dapat menggangu pelaksanaan ujian.

“Semuanya lancar. Memang ada keluhan tentang tidak adanya LJK untuk siswa tuna netra atau LJK yang tipis. Tetapi semua masih bisa diatasi,” kata Edy.

Tidak adanya LJK untuk siswa yang menerima soal dengan huruf braille, akan dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga DIY sehingga pada pelaksanaan UN hari berikutnya diharapkan sudah ada LJK yang tersedia.

“Untuk penulisan jawaban di lembar jawaban biasa, masih akan diproses penilaiannya. Petugas perguruan tinggi yang melakukan pemindaian, bisa melakukannya secara manual,” katanya.

Sedangkan untuk LJK yang dikeluhkan tipis sehingga mudah robek saat siswa menghapus jawaban, lanjut Edy, bisa diatasi asalkan siswa hati-hati dalam menulis atau menghapus jawaban.

“Jika dibanding tahun lalu, maka LJK tahun ini masih lebih tebal,” lanjutnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya