SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengumuman (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi pengumuman (Dok/JIBI/SOLOPOS)

KARANGANYAR–Kelulusan hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat di Kabupaten Karanganyar direncanakan diumumkan secara serentak pada Jumat (24/5/2013) sore.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Langkah ini dilakukan untuk menghindari konvoi atau arak-arakan sepeda motor yang dilakukan para siswa yang dinyatakan lulus.

Sekretaris Disdikpora Karanganyar, Agus Hariyanto, mengatakan pengumuman hasil UN tingkat SMA sederajat bakal diumumkan di setiap sekolah seperti tahun lalu. Setiap sekolah akan menempel hasil UN di papan pengumuman termasuk nilai setiap mata pelajaran.

“Direncanakan bakal diumumkan secara serentak di setiap sekolah. Kami sudah memberi tahu setiap sekolah terkait pengumuman hasil UN tersebut,” katanya kepada Solopos.com, Rabu (22/5/2013).

Menurutnya, pengumuman hasil UN sengaja dilakukan pada sore hari untuk menghindari aksi konvoi yang dilakukan para siswa. Para orangtua/wali murid diminta turut mendampingi para siswa saat pengumuman hasil UN. Sehingga mereka bakal mengawasi anaknya agar tak melakukan konvoi di jalan raya.

Para siswa yang dinyatakan lulus dihimbau tidak meluapkan kegembiraan dengan melakukan konvoi sepeda motor. Semestinya, euforia kegembiraan bisa diekspresikan dengan melaksanakan kegiatan yang positif.

Sementara Kabid Pendidikan Menengah Disdikpora Karanganyar, Heru Sugiatmo, menuturkan pihaknya bakal mengambil hasil UN tingkat SMA sederajat di Pemprov Jateng pada Kamis (23/5/2013). Selanjutnya, hasil UN tersebut bakal diberikan ke setiap sekolah untuk diumumkan.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Satlantas Polres Karanganyar untuk mengantisipasi arak-arakan sepeda motor pascapengumuman hasil UN. Sebab, aksi konvoi tersebut dapat mengganggu para pengguna kendaraan bermotor lainnya. Sementara terkait tingkat kelulusan siswa, Heru mengharapkan kenaikan tingkat kelulusan siswa SMA sederajat dibanding tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya