SOLOPOS.COM - Perwakilan salah satu SMA di kota Solo mengambil naskah try out Ujian Nasional (UN) yang dipusatkan di Perpustakaan SMAN 4 Solo, Sabtu (16/2/2013). Sesuai jadwal, Senin (18/2) ini, seluruh siswa SMA di Kota Solo mengikuti try out UN tingkat kota. (Shoqib Angriawan/JIBI/SOLOPOS)


Perwakilan salah satu SMA di kota Solo mengambil naskah try out Ujian Nasional (UN) yang dipusatkan di Perpustakaan SMAN 4 Solo, Sabtu (16/2/2013). Sesuai jadwal, Senin (18/2) ini, seluruh siswa SMA di Kota Solo mengikuti try out UN tingkat kota. (Shoqib Angriawan/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Batas minimal nilai rata-rata Ujian Nasional (UN) 2013 yang diprediksikan naik, ternyata masih tetap seperti tahun lalu, yaitu 5,5.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Selain itu, antara siswa satu dengan yang lain bakal mengerjakan naskah soal UN yang berbeda-beda.

Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo, Budi Setiono,  Sabtu (16/2/2013) mengatakan hal tersebut berdasarkan prosedur operasi standar (POS) yang diterimanya beberapa waktu lalu.

“Kriteria kelulusan [nilai akhir (NA)] ternyata sama yaitu minimal 5,5.”

Penghitungan NA yaitu berdasarkan 60% nilai UN dan 40% nilai sekolah (NS). NS diperoleh dari gabungan nilai ujian sekolah (US) sebanyak 60% dan nilai rata-rata rapor 40%.

Untuk siswa SMK, harus memenuhi nilai kompetensi keahlian kejuruan dengan nilai minimal 6. Nilai tersebut dipenuhi berdasarkan gabungan antara 70% nilai Ujian Praktik Kejuruan (UPK) dan 30% nilai Ujian Teori Kejuruan (UTK).

“Nilai masing-masing mata pelajaran tidak boleh kurang dari 4,0,” imbuhnya.

Kelulusan siswa, nantinya juga mempertimbangkan akhlak keseharian saat berada di sekolah. Berdasarkan POS yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), penyelenggara UN tingkat pusat akan menyediakan naskah soal yang berbeda. Namun, dengan tingkat kesulitan yang sama untuk setiap peserta dalam satu ruang ujian.

Paket soal UN yang berbeda tiap peserta tersebut juga berlaku untuk jenjang SMP/MTs dan Program Paket C. Sedangkan untuk SMALB akan ada lima paket soal. Rencananya, UN untuk SMA/MA akan dilaksanakan pada 15-18 April. Sedangkan untuk SMK, UN akan dilaksanakan pada 15-17 April , SMALB pada 15-17 April dan Paket C pada 15-18 April.

Sementara itu, SMAN 4 Solo telah menyiapkan UN sejak kegiatan belajar mengajar (KBM) dimulai pada semester genap.  “Awal semester dua, siswa kelas XII sudah try out dari jam ke nol setiap hari, yaitu pada pukul 06.00 WIB,” jelas Wakil Kepala (Waka) Bidang Kurikulum SMAN 4 Solo, Eni Rosita, kemarin.

Di sisi lain, sesuai jadwal, seluruh SMA di Solo secara serentak akan mengikuti try out UN tingkat kota pada Senin (18/2/2013).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya