SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Sebanyak 132 dosen dari tiga perguruan tinggi (PT) di Jawa Tengah (Jateng) akan dilibatkan dalam penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) jenjang SMA dan sederajat di Solo. Ketiga PT itu yakni Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang berperan sebagai koordinator pengawas satuan PT, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

“Secara rinci, 132 dosen itu terdiri atas tujuh dosen Unnes, 110 dosen UNS dan 15 dosen UMS,” jelas Koordinator pengawas satuan PT dari Unnes, Joko Adi Widodo, saat memberikan materi sekilas dalam acara Rapat Koordinasi (Rakor) UN 2012/2013 yang digelar di Balaikota Solo, Rabu (3/4/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia mengungkapkan peran PT cukup penting dalam penyelenggaraan UN, khususnya jenjang SMA. Tahun lalu, jumlah dosen pengawas UN di Solo ada 104 orang yang berasal dari UNS, namun pada 2013 ditambah menjadi 132 dosen dengan melibatkan sejumlah dosen UMS. Untuk pengawas ruang jenjang SMA dan sederajat ada 1.776 guru yang akan bertugas selama pelaksanaan UN pada 15-18 April.

Ekspedisi Mudik 2024

Saat ditemui wartawan seusai rakor, dia mengaku siap melakukan koordinasi dengan dosen pengawas dan pengawas ruang. “Kami akan mengundang bapak dan ibu pengawas untuk rapat koordinasi pada 10 April di SMKN 7 Solo,” ungkapnya.

Menurutnya, koordinasi itu penting dilakukan karena banyak terdapat perbedaan dalam penyelenggaraan UN 2013 dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan adanya koordinasi itu diharapkan pengawas menjadi semakin mantap saat melaksanakan tugas.

Ketua Panitia UN 2013 Kota Solo, Bambang Wahyono, mengatakan 132 dosen itu akan disebar pada seluruh SMA dan sederajat di Solo. Dari 132 dosen itu, 46 dosen di antaranya akan ditugaskan di SMA, 61 dosen di SMK, tujuh dosen di MA, delapan dosen pada tempat pelaksanaan ujian Paket C dan empat dosen pada penyelenggaraan SMALB.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS, Furqon Hidayatullah, mengaku pihaknya sudah mendapatkan informasi dari Unnes tentang penugasan dosen untuk menjadi pengawas satuan PT pada UN.

Sementara, itu Rektor UMS, Bambang Setiadji, mengatakan sudah mendapatkan informasi dari Unnes terkait hal itu. Meski demikian, pihaknya memang belum ada koordinasi lanjut dengan Unnes mengenai kriteria dan jumlah dosen yang dikirim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya