SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO –- Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membuka program doktor di bidang ilmu bahan bekerja sama dengan University of Nottingham (UoN), Inggris. Program itu diperuntukkan bagi sarjana Teknik Sipil yang memenuhi kualifikasi dan akan menempuh doktoral dalam waktu empat tahun saja.

Rektor UMS, Bambang Setiaji, menjelaskan kerja sama itu telah ditandatangani Menteri Negara untuk Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Kerajaan Britania Raya, David Willets dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhammad Nuh, di Kantor Perdana Menteri Inggris, Kamis (1/11/2012). Penandatangangan itu disaksikan Presiden SBY dan PM David Cameron dalam rangkaian kunjungan kenegaraan Presiden RI di Inggris dari tanggal 30 Oktober hingga 3 Juli .

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dijelaskan poin-poin dalam kerja sama itu antara lain mahasiswa yang mengikuti program doktoral ilmu bahan akan menempuh pendidikan di UMS selama dua tahun dan melanjutkan dua tahun di UoN. Mahasiswa akan mendapatkan gelar master dari UMS dan gelar doktoral dari UoN dengan cukup membuat sebuah disertasi.

Selain itu setiap peserta memungkinkan untuk mendapatkan beasiswa dan akan mendapatkan potongan biaya pendidikan hingga 25% dari biaya reguler.

“Biaya pendidikan di Inggris hanya sekitar Rp600 juta untuk dua tahun, kalau biaya reguler bisa sampai Rp1,5 miliar,” jelasnya saat ditemui wartawan, Selasa (5/11/2012).

Bambang menambahkan program doktoral yang akan dibuka mulai 2013 itu dibuka untuk semua sarjana teknik sipil yang berkualifikasi baik. Selain itu kuota penerimaan mahasiswa doktoral itu tiap tahunnya dibatasi maksimal enam mahasiswa, karena disesuaikan dengan jumlah lab ilmu bahan di UoN. “Minimal kami harus mengirimkan dua mahasiswa dalam satu gelombang,” paparnya.

Sebelumnya UMS telah melaksanakan kerja sama dengan universitas lain di Inggris, antara lain Kingston University London dan University of Derby dalam program double deegre untuk jurusan teknik otomotif dan teknik sipil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya