Tutup Iklan
UMS Solo Raih Rekor MURI Berkat Penyambutan Mahasiswa Baru Via Online
Gedung Induk Siti Walidah UMS Solo. (Youtube)

Solopos.com, SUKOHARJO – Universitas Muhammadiyah Surakarta atau UMS Solo meraih rekor MURI. Prestasi itu diraih lantaran UMS merupakan kampus pertama di Tanah Air yang menyelenggarakan penyambutan mahasiswa baru secara daring (online).

Rekor itu diberikan melalui piagam yang ditandatangani Ketua Umum MURI, Jaya Suprana, bernomor 9542/R.MURI/VII/2020. Piagam diserahkan perwakilan MURI dan diterima Rektor UMS Solo Sofyan Anif pada grand opening masa ta’aruf penerimaan mahasiswa baru (Masta PMB), Senin (13/7/2020) di Auditorium UMS.

WHO Sebut Tes Covid-19 Jateng Paling Rendah Se-Jawa, Ini Tanggapan Dinkes

Rektor UMS Solo, Sofyan Anif, dalam sambutannya mengatakan, grand opening Masta PMB tersebut diikuti mahasiswa melalui aplikasi Zoom, Schoology, dan Youtube.

“Masta PMB tahap I diikuti sekitar 5.000 mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia,” ujarnya.

Ketua Panitia Masta PMB UMS Solo, Choirul Amin, mengatakan kegiatan pengenalan kampus ini termasuk paling awal dibadingkan kampus di Solo lainnya. Lantaran dilakukan di tengah pandemi, maka kegiatan penyambutan mahasiswa baru dilakukan secara daring.

Ketua DPRD Sragen Termiskin Se-Jateng, Berapa Hartanya?

"Pada dasarnya rangkaian kegiatan ini sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya [offline] yakni ada Masta PMB, Masta Fakultas, Ekspo Kampus dan Fakultaria. Hanya saja pada tahun ini kegiatan tersebut dilakukan secara online karena ada pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih berpotensi penularannya," kata Choirul.

Jadwal

Masta PMB tahap I dilakukan selama tiga hari pada Selasa-Kamis (14-16 /7/2020) melalui Schoology. Selama tiga hari itu para mahasiswa akan mendapat sembilan materi mulai dari Kemuhammadiyahan hingga cara menjadi aktivis di kampus UMS Solo yang baru saja meraih rekor MURI.

Dekan FK UNS Solo Bantah 25 Dokter Residen di RS Moewardi Ketularan Covid-19 dari Pesta Wisuda

“Materi-materi tersebut berbentuk video yang akan diunggah di Schoology. Di dalamnya mereka akan berdiskusi bersama yang diakhiri dengan post test sebagai penilaian," ujar Choirul.

Kegiatan selanjutnya, adalah Ekspo Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) universitas yang akan dilaksanakan pada Rabu, 22 Agustus 2020. Pada kegiatan ini mahasiswa akan menyaksikan berbagai pertunjukkan dari 27 UKM yang ada di UMS Solo melalui streaming Youtube (TV UMS).

Selain di universitas, penyambutan serupa juga dilakukan oleh setiap fakultas. Mahasiswa UMS Solo bakal mengikuti dua acara yakni Masta IMM dan Fakultaria. Masta IMM dilaksanakan pada 10-15 Agustus 2020 dan Fakultaria akan dilaksanakan pada 24-29 Agustus 2020.

Keturunan Ki Manteb Sudarsono, Thathit Paksi Pengin Jadi Dalang


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho