Gedung Induk Siti Walidah UMS Solo. (Youtube)

Solopos.com, SOLO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) masuk daftar perguruan tinggi terbaik Asia. Kampus ini merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta di Indonesia yang masuk jajaran 200 perguruan tinggi terbaik se-Asia.

Pernyataan tersebut dikeluarkan lembaga pemeringkatan universitas bernama 4ICU.

Lembaga tersebut merupakan salah satu lembaga pemeringkat perguruan tinggi di dunia yang dapat dilihat dalam tingkat global, regional, dan masing-masing negara.

Rektor UMS, Sofyan Anif, mengatakan, UMS berada di urutan ke-157 dalam jajaran 200 universitas terbaik se-Asia tersebut. Untuk skala perguruan tinggi Indonesia, UMS berada di peringkat 12, di bawah Institut Teknologi Bandung (ITB).

Adapun peringkat pertama diduduki Universitas Gadjah Mada (UGM). Dalam skala se-Asia UGM berada di peringkat 35.

Apple Watch Series 5 Segera Meluncur di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya

“Sebelas universitas yang berada di atas UMS merupakan perguruan tinggi negeri. Jadi untuk perguruan tinggi swasta se-Indonesia, UMS menjadi peringkat satu,” kata dia kepada wartawan di Gedung Induk Siti Walidah UMS, Senin (2/12/2019).

Ada Roti Jangkrik di Inggris, Rasanya Diklaim Lezat

Sofyan Anif menuturkan, ada beberapa kriteria yang dijadikan 4ICU sebagai dasar penilaiannya terhadap perguruan tinggi.

Pertama, perguruan tinggi yang mendapat lisensi atau akreditasi dari organisasi penilai di negaranya.

Tips Siapkan Anak Agar Tak Iri dengan Kehadiran Adik Baru

Kedua, perguruan tinggi yang menawarkan program pendidikan mulai dari sarjana hingga pascasarjana, yaitu magister dan doktoral.

Khasiat Habbatussauda Diklaim Sembuhkan Segala Penyakit Kecuali Kematian

Ketiga, menyediakan pelatihan dan pengajaran yang menggunakan sistem pendidikan tradisional dan melibatkan interaksi langsung (tatap muka), tidak dari jarak jauh.

Desa Wisata Durian Ada di Wonogiri, Segera Kunjungi!

“Pada prinsipnya 4ICU tidak mendasarkan pada kualitas akademik perguruan tinggi. Tetapi lebih kepada non-akademik,” terang dia.

Waduh, Kalori Kerupuk Setara Sepiring Nasi

Pencapaian UMS sebagai satu-satunya perguruan tinggi swasta di Indonesia yang masuk dalam kategori 200 perguruan tinggi terbaik di Asia merupakan sebuah kebanggaan.

Kedai Bakso Kejujuran di Banjarsari Solo: Ambil, Hitung, dan Bayar Sendiri Makananmu

“Pencapaian ini akan kami jadikan sebagai penyemangat untuk terus menjadikan UMS sebagai perguruan tinggi yang berkualitas, baik dari segi akademik maupun non akademik,” kata Sofyan Anif.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten