UMS Peringkat 1 Universitas Swasta Paling Unggul Se-Indonesia
Gedung Induk Siti Walidah UMS Solo. (Youtube)

Solopos.com, SOLO - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menduduki peringkat 1 di daftar universitas swasta paling unggul se-Indonesia versi Unirank. Secara nasional UMS berada di peringkat ke-11, unggul atas Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Sumatera Utara (USU), hingga tetangganya, Universitas Sebelas Maret (UNS).

Wisuda Ditunda, UMS Solo Kirimkan Ijazah Lulusan via Pos

Pemeringkatan Unirank menempatkan Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Brawijaya (Unibraw) di posisi 3 besar universitas negeri terbaik di Indonesia.

Sementara, beberapa perguruan tinggi ternama seperti Institut Pertanian Bogor (IPB) di posisi 9, Institut Teknologi Bandung (ITB) di posisi 12, dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) di peringkat 18.

Berada di peringkat 1, UMS berhasil mengalahkan beberapa universitas swasta terkemuka di Indonesia di antaranya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Bina Nusantara (Binus), Universitas Telkom, dan Universitas Islam Indonesia (UII).

Solo KLB Corona: UNS dan UMS Berlakukan Kuliah Online

Berdasarkan pantauan di situs resmi Unirank, 4icu.org, berikut 10 universitas swasta terbaik se-Indonesia versi Unirank,

  1. Universitas Muhammadiyah Surakarta
  2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  3. Universitas Bina Nusantara
  4. Universitas Telkom
  5. Universitas Muhammadiyah Malang
  6. Universitas Islam Indonesia
  7. Universitas Pasundan
  8. Universitas Mercu Buana
  9. Universitas Gunadarma
  10. Universitas Ahmad Dahlan

Pemeringkatan Unirank

Ada tiga kriteria utama dalam penilaian Unirank di laman 4 International Colleges and Universities (4ICU). Pertama, Unirank membatasi pemeringkatan ini kepada universitas atau perguruan tinggi (PT) yang telah terakreditasi oleh lembaga terkait.

Daftar Kampus Terbaik Se-Indonesia versi Webometrics

Kedua, PT yang menyediakan pendidikan tingkat Strata 1 (sarjana) dan/atau Pascasarjana, baik tingkat Master (S2) atau Doktoral (S3). Dengan demikian, lembaga pendidikan yang hanya menyediakan pendidikan vokasi, pendidikan berbasis militer, kelas-kelas seminar, dan sebagainya tidak dilibatkan dalam penilaian 4ICU.

Terakhir, PT yang dinilai menerapkan sistem pendidikan secara langsung dengan bertatap muka, atau lebih dikenal sebagai sistem tradisional, format pendidikan di kelas yang mempertemukan dosen dan mahasiswanya. Artinya, proses pembelajaran dilakukan secara offline dengan fasilitas-fasilitas gedung sebagai sarana pertemuannya.

Mahasiswa UNS Solo Tetap KKN Di Tengah Pandemi Covid-19, Metodenya Tak Biasa

Dalam penilaiannya, lembaga penelitian pendidikan internasional ini berpedoman pada popularitas situs resmi universitas (traffic) yang dinilai dengan menggunakan lima indikator webmerics.

Kelima indikator itu meliputi situs Domain Moz, Peringkat Global Alexa, Global SimilarWeb, Majestic Referring Domains, dan Majestic Trust Flow.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom