UMS Lakukan Terobosan Lewat Kuliah Jarak Jauh

UMS Lakukan Terobosan Lewat Kuliah Jarak Jauh

SOLOPOS.COM - Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir (dua dari kanan) dan Ketum PP Muhammadiyah 2000-2005, Syafii Maarif (paling kiri) menghadiri Kuliah umum jarak jauh di Gedung Induk Siti Walidah kompleks kampus UMS, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Kamis (1/2/2018). (Iskandar/JIBI/SOLOPOS)

UMS menggelar kuliah jarak jauh.

Solopos.com, SUKOHARJO—Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melakukan terobosan baru dengan digelarnya kuliah umum jarak jauh kali pertama pada Kamis (1/2/2018).

Kuliah umum jarak jauh di Gedung Induk Siti Walidah kompleks kampus UMS, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo ini disimak langsung mahasiswa dan dosen di tiga universitas, yakni UMS, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) dan Univeraitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka, (Uhamka) Jakarta.

Bertindak sebagai pemateri pada kuliah umum itu Ketua Umum (Ketum) Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir dan Ketum PP Muhammadiyah 2000-2005, Syafii Maarif. (baca: Ribuan Orang Berburu Lowongan Kerja Ciamik di Job Fair UMS 2018)

Menurut Rektor UMS, Sofyan Anif kuliah umum jarak jauh merupakan terobosan baru UMS untuk memberikan kemudahan bagi mahasiswa mengikuti pembelajaran di kampus.

Selain itu, kuliah jarak jauh (KJJ) juga sebagai jawaban UMS atas kebijakan pemerintah tentang rencana untuk mengizinkan perguruan tinggi asing (PTA) masuk ke Indonesia.

Menurutnya, ketika perguruan tinggi lainnya banyak yang belum siap dengan rencana itu, UMS menyiapkan diri agar bisa bersaing dengan PTA yang invasi ke Indonesia. Dia menjelaskan PTA bisa masuk ke indonesia, ketika PT di Indonesia tak melakukan perubahan terhadap sistem.

“Kalau manajemen pengelolaan pendidikan perguruan tinggi tidak dibenahi, pasti kita tergilas, kita akan habis," tegas Anif.

Dia mengemukakan KJJ yang diluncurkan ini tak hanya bisa diikuti oleh mahasiswa UMS, tetapi juga mahasiswa dari universitas lain yang sudah bekerja sama dengan UMS. Bahkan KJJ seperti ini dinilai juga bisa diakses hingga di luar negeri.

Di masa mendatang, UMS siap menggandeng Universittas Muhammadiyah lainnya dan beberapa universitas mancanegara. Dengan demikian saling bertukar wawasan keilmuan melalui KJJ bisa dilakukan dengan baik.

Anif mengatakan metode saat ini KJJ sedang menjadi tren di berbagai perguruan tinggi ternama di luar negeri. Mahasiswa tak perlu datang ke kampus mengikuti perkuliahan lewat metode ini. Sebab materi kuliah bisa disimak langsung secara daring melalui komputer.

“Tak semua materi kuliah dapat dilakukan KJJ. Hanya mata kuliah tertentu yang dapat disimak mahasiswa secara daring. Sebagai awal, UMS pun melakukan kuliah umum tentang Keislaman dan Kemuhammadiyahan,” jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Sasar Objek Wisata, Babinsa Bulu Sukoharjo Kampanyekan 5M

Koramil 03/Bulu Kodim 0726/Sukoharjo bersama Satgas Covid-19 Kecamatan Bulu terus melakukan kegiatan penegakan disiplin protokol kesehatan berupa 5M.

20.000 Pemudik Tiba di Karanganyar, Bupati: Mereka Pandai Cari Waktu Pulang

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyebut para pemudik yang tiba di Bumi Intanpari sebelum Lebaran 2021 pandai mencari waktu pulang.

Sidak Pasar Tumpah Sragen: Parkir Motor dan Oprokan di Bahu Jalan Bikin Macet

Pasar tumpah di sejumlah lokasi Kabupaten Sragen mengakibatkan kemacetan karena pedagang oprokan dan parkir kendaraan bermotor di bahu jalan.

Lebaran Virtual, ShopeePay Bagikan 4 Ide THR Unik dan Berkesan untuk Orang Tersayang

ShopeePay sediakan beragam produk dan layanan digital sebagai inspirasi THR Lebaran

Masjid Istiqlal Batal Gelar Salat Id

Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Nasaruddin Umar, mengatakan pilihan membatasi jemaah tak bisa dilakukan sebab kapasitas maksimal masjid 250.000 orang dan 10 Persen dari jumlah itu masih terlalu banyak.

Antisipasi Keramaian, Pemkot Solo Swab Acak Pengunjung di 3 Mal

Pemerintah Kota Solo melakukan swab acak kepada pengunjung dan pegawai di tiga mal Kota Solo pada Senin (10/5/2021) sore.

GEMBIRA, Rahasia Kak Seto Bisa Parkour di Usia 70 Tahun

Di usia nyaris 70 tahun, Kak Seto masih sanggup parkour.

Resmi! KPK Nonaktifkan Novel Baswedan dan 74 Pegawai

Penyidik senior KPK, Novel Baswedan, bersama 74 pegawai KPK lainnya dinyatakan tidak lolos TWK dan dinonaktifkan KPK.

Ganjar Perkirakan Kasus Covid-19 di Jateng Bakal Naik Seusai Lebaran

Seluruh kepala daerah tidak boleh lengah, meski pun kasus Covid-19 di Jateng tengah mengalami tren menurun.

Memoles Perhiasan Lama Terlihat Gilap Seperti Baru, Catat Tipsnya!

Memoles Perhiasan Lama Tampak Gilap Seperti Baru

Keracunan Massal Karangpandan: 29 Orang Masih Dirawat Di RS Dan Puskesmas

Sebanyak 29 orang dari total 55 korban keracunan massal Puntukringin, Gerdu, Karangpandan, Karanganyar, masih dirawat di RS dan puskesmas

Wisatawan Luar Daerah Boleh Piknik ke Objek Wisata Klaten Saat Lebaran 2021

Pemkab Klaten tidak membatasi daerah asal pengunjung yang ingin datang ke objek wisata di wilayah Kabupaten Bersinar saat Lebaran 2021.