SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com)--Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membuka peluang kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi asing pascakunjungan dari sembilan perwakilan perguruan tinggi di Amerika, Kamis (10/11/2011) lalu. Sejumlah delegasi asing tersebut menawarkan beragam program di antaranya pertukaran pelajar dan double degree program.

Rektor UMS, Bambang Setiaji mengungkapkan pada prinsipnya pihak universitas membuka peluang seluas-luasnya bagi mahasiswa ataupun dosen yang ingin mengikuti program pertukaran pelajar maupun melanjutkan pendidikan double degree ke luar negeri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia mengungkapkan kunjungan dari sembilan perguruan tinggi ternama di Amerika di antaranya University of Massachusetts, University of Mississippi, La Salle University dan George Washington University ke depan memungkinkan untuk ditindaklanjuti sebagai bentuk kerja sama, misalnya saja ada mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan satu tahun di luar negeri, pihak universitas secara angsung akan dapat mengakumulasikan nilai yang mereka peroleh selama belajar universitas tersebut.

“Biaya sekolah di beberapa negara lebih murah dibandingkan di Indonesia, mereka juga memiliki program beasiswa yang bisa dimanfaatkan,” ungkapnya kepada Solopos.com, Kamis, di kantornya.

lebih lanjut diungkapkan Kaprodi Managemen Pendidikan Pascasarjana UMS, Harsono, kelas internasional yang mendapatkan respons positif yakni bidang Magister Managemen Pendidikan, pihak universitas menjalin program kerjasama dengan University of Minnesota. Kelas berlabel internasional ini memang disesuaikan dengan pendidikan standar luar negeri dengan menghimpun mahasiswa dalam kelas yang lebih kecil yakni 15 orang. Dia mengatakan di luar negeri satu kelompok mahasiswa biasanya berkisar antara 10 orang hingga 12 orang.

“Dengan adanya program pertukaran mahasiswa hal ini dapat menambah nilai tambah bagi mereka,” jelas dia.

(das)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya