SOLOPOS.COM - Gerbang UMS Solo (muslimdaily.net)

Solopos.com, SOLO – Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK) Rayon 141 Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mendapat kuota tambahan sebanyak 380 peserta Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun ini.

Selain UMS, 44 Rayon penyelenggara PLPG di seluruh Indonesia juga mendapat tambahan kuota sesuai kapasitas masing-masing.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sekretaris Pelaksana PLPG Rayon 141 UMS, Anam Sutopo, mengatakan informasi mengenai tambahan kuota peserta PLPG tersebut didapat melalui surat dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK dan PMP) Kemendikbud No.40509/J2.3/LL/2013 bertanggal 11 November 2013 tentang Pemenuham Kuota Sertifikasi Guru Tahun 2013 dan Tambahan Sasaran Peserta Sertifikasi Guru 2013.

“Dari 146 rayon di Indonesia, kuota tambahan disebar di 45 rayon yang kira-kira mampu. Sedangkan rayon yang semula kuotanya banyak tidak ditambahi,” jelasnya saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Sabtu (16/11/2013).

Anam menambahkan penambahan kuota tersebut lantaran belum terpenuhinya target peserta sertifikasi guru tahun 2013 sebanyak 250.000 peserta. Sementara jumlah peserta sertifikasi guru sesuai surat perintah pencairan dana (SP2D) hanya 243.858 sehingga masih terdapat kuota 6.142 peserta.

Belum terpenuhinya kuota disebabkan peserta tidak hadir, belum memenuhi persyaratan (BMP), berkas guru belum diterima dan diskualifikasi. “Bagi yang tidak lolos kan otomatis dana tidak terpakai sehingga usulan adendum penambahan dana sertifikasi guru mengalami perubahan,” imbuh Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMS tersebut.

Dengan adanya kuota tambahan, Kemendikbud meminta LPTK untuk melaporkan kuota yang belum terpenuhi sampai saat ini dan mengusulkan perubahan adendum paling lambat 15 November. Sedangkan mekanisme pemenuhan kuota melalui koordinasi dengan Dinas Pendidikan wilayah setempat untuk mendapatkan berkas calon peserta.

Kemudian menetapkan calon peserta dan meng-upload data peserta ke laman konsorsium sertifikasi guru (KSG) untuk mendapatkan nomor peserta. “Wilayah rayon kami ada empat kabupaten yakni Karanganyar, Wonogiri, Sukoharjo dan Klaten. Kami sudah meminta masing-masing Disdik untuk menyiapkan peserta,” terang Anam yang juga menjabat sebagai Kepala Humas dan Kerjasama UMS tersebut.

Sebelumnya, kuota awal peserta sertifikasi guru Rayon 141 UMS yakni 3.697 peserta. Setelah mendapat penambahan 380 kuota, totalnya menjadi 4.077 peserta. Anam menambahkan peserta yang dipanggil semestinya mereka yang memiliki ranking di bawah calon peserta yang lolos.

“Sifatnya kami mengajukan kuota, nanti yang memutuskan dari pusat untuk memberikan formulir identitas peserta yang berisi nomor PLPG,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya