Tutup Iklan

Umrah Dibuka, Perpuhi dan AMPHURI Tunggu Aturan Teknis

Ibadah umrah ke Arab Saudi yang direncanakan kembali dibuka pada 10 Agustus 2021 menjadi angin segar bagi Tanah Air.

 ilustrasi umrah (Solopos dok)

SOLOPOS.COM - ilustrasi umrah (Solopos dok)

Solopos.com,SOLO—Ibadah umrah ke Arab Saudi yang direncanakan kembali dibuka pada 10 Agustus 2021 menjadi angin segar bagi Tanah Air. Namun demikian, Indonesia masuk daftar sembilan negara yang mesti menjalani karantina selama 14 hari di negara ketiga sebelum masuk ke Arab Saudi.

Kini biro perjalanan umrah tinggal menunggu petunjuk teknis dari Kementerian Agama terkait umrah sekaligus berharap syarat untuk calon jemaah umrah asal Indonesia dipermudah.

Ketua Perhimpunan Pengusaha Biro Ibadah Umrah dan Haji Indonesia (Perpuhi) Solo, Her Suprabu, mengatakan prinsipnya Pemerintah Arab Saudi sudah mengizinkan umrah untuk negara-negara lain. Akan tetapi, Indonesia masuk daftar negara yang jemaahnya diharuskan karantina dulu sebelum umrah.

“Kabar baik ini sudah kami informasikan kepada anggota termasuk jemaahnya. Kebijakan ini tak terlepas dari situasi pandemi di Indonesia. Kami berharap membaik sehingga Indonesia mendapatkan kelonggaran dari Arab Saudi,” ujar dia, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (30/7/2021).

Baca Juga: Dawet Kani Kudus Disajikan Ala Minuman Milenial di Sleman

Her menjelaskan syarat umrah di masa pandemi memang ketat. Selain protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang berlapis, umrah kali ini juga membutuhkan biaya yang tinggi dan waktu yang lebih lama.

Jika merujuk pada aturan sementara, jemaah harus karantina dahulu 14 hari kemudian umrah 9 hari ketika pulang ke Tanah Air masih karantina lagi 5 hari. Jadi total ibadah umrah sekitar 28 hari atau sebulanan. Ia pun meminta para jemaah untuk bersabar sembari menunggu kabar baik dari kasus Covid-19 di Tanah Air.

Jika dihitung, kenaikan biaya umrah saat pandemi bervariasi. Ini tergantung jemaah akan melakukan karantina di negara mana, jika aturan soal karantina khusus bagi Indonesia jadi diberlakukan.

Baca Juga: BPS Solo Survei Perilaku Masyarakat Masa Pandemi, Apa Dampaknya?

Menjadi Kabar Baik

Di sisi lain, tak semua vaksin Covid-19 bagi para jemaah umrah diterima. Dalam hal ini, Arab Saudi hanya menerima jemaah yang memeroleh salah satu dari empat jenis vaksin, yakni Moderna, Astra Zeneca, Pfizer, dan J&J. Vaksin asal China seperti Sinovac diperbolehkan dengan catatan jemaah mesti mendapatkan suntikan booster dari salah satu vaksin tersebut di atas. Padahal sebagian besar vaksinasi di Indonesia menggunakan Sinovac.

“Jemaah yang menunggu untuk umrah sekitar 400 orang per biro, jadi sekitar 20.000-an orang. Mereka sudah daftar dan membayar, tetapi tertunda keberangkatannya karena pandemi. Selain itu, mereka yang tinggal berangkat ada yang meninggal dan ini jumlahnya sekitar 5% – 10% per biro,” imbuh dia.

Baca Juga: Deal! Hyundai dan LG Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Karawang Senilai Rp15,8 Triliun

Sekretaris Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah RI (AMPHURI) Jawa Tengah, Retno Anugerah Andriyani, menambahkan dibukanya kembali umrah menjadi kabar baik. Namun demikian, memang ada sejumlah kendala lantaran Indonesia masuk negara yang tidak diperbolehkan terbang langsung ke Arab Saudi.

“Kalau saya hitung paket umrah berangkat dari Jakarta harganya bisa sampai Rp52 juta per satu orang dan lamanya umrah lebih dari sebulan. Jadi skenarionya, rutenya Jakarta – Yordania [untuk karantina] yang dekat dengan Arab Saudi, lalu vaksin karena Sinovac harus mendapatkan booster vaksin lain [Moderna/J&J/Pfizer/Astra Zeneca]. Setelah itu baru kita bisa melaksanakan umrah dan kembali ke Tanah Air karantina lagi,” papar dia.

Ia membeberkan kondisinya masih wait and see terkait aturan pelaksana dan teknis dari Kementerian Agama. Direktur Utama biro haji dan umrah PT Hajar Aswad menerangkan bironya juga menunggu kabar baik dari pemangku kebijakan terkait regulasi umrah tersebut. Di Hajar Aswad ada sekitar 150 calon jemaah umrah yang menunggu untuk diberangkatkan.

“Kami berharap Januari tahun depan sudah sama seperti negara lain. Kami juga berharap tak perlu ada karantina karena jemaah akan memeroleh vaksin booster,” jelas dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Antam Stagnan, Berikut Harga Emas Pegadaian, Rabu 29 September 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada hari ini Rabu (29/9/2021) turun untuk UBS dan stagnan untuk cetakan Antam.

Wali Kota Gibran Luncurkan Solo Sale Go, Transaksi Nontunai SGS

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka meluncurkan Solo Sale Go, aplikasi ponsel berbasis android yang mendukung pelaksanaan Solo Great Sale (SGS).

LPS: Sirkuit Mandalika Menghidupkan Ekonomi Kerakyatan di Lombok

Keberadaan sirkuit balapan berskala internasional di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika akan semakin menghidupkan ekonomi kerakyatan di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kayu Arum Coffee Tempat Favorit Ngopi di Tawangmangu

Tidak perlu bingung untuk mewujudkan keinginan ngopi sambil memandang keindangah Gunung Lawu, cukup datang ke Kayu Arum Coffee.

Mana Paling Menguntungkan? Ini Perbandingan Biaya Top Up Dompet Digital

Manakah dompet digital yang paling menguntungkan bagi pengguna? Berikut ini perbandingannya.

Menakar Potensi Ekonomi Sirkuit Mandalika di Tengah Pandemi

Di tengah pandemi Covid-19, Sirkuit Mandalika diharapkan memberi dampak besar bagi sektor ekonomi dan pariwisata bagi negeri ini.

Semen Gresik Sabet Dua Penghargaan Predikat Gold dalam ISDA Award 2021

PTSG dalam keikutsertaan pertama kali di ISDA Award, meraih predikat Gold untuk kategori pencapaian program SDGs Poin Kesatu dan Poin Kesepuluh.

Penumpang Anak Tarik Pintu Darurat, Citilink Terpaksa Mendarat

Penerbangan Citilink dengan nomor QG944 tujuan ke Batam terpaksa dialihkan ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, akibat insiden tak terduga yang dilakukan oleh penumpang anak-anak.

ShopeePay Hadirkan Keuntungan Berlipat di 10.10 ShopeePay Double Deals

ShopeePay menyediakan promo Buy 1 Get 1 Deals, Voucher Cashback 100%, Flash Sale Rp1, dan berbagai keuntungan menarik lainnya.

Jackie Chan Jadi Kambing Hitam Kebangkrutan Evergrande

Saat raksasa real estate China Evergrande menghadapi krisis, beberapa netizen justru menghubungkan dengan "kutukan Jackie Chan".

Jualan Online Menggila, Pengusaha Kaus Ini Jual Produknya Hingga Korea

Meski di tengah pandemi Covid-19, tidak hanya di dalam negeri, produk-produk lokal bahkan menembus pasar-pasar mancanegara.

Puluhan Ribu Hektare Lahan BUMN Tambang Tumpang Tindih, Kok Bisa?

Puluhan ribu lahan tambang milik perusahaan pelat merah tercatat mengalami tumpang tindih. Lahan tersebut terjadi di wilayah izin usaha pertambangan.

Midea Gabung Jadi Sponsor AFF Suzuki Cup 2020

Midea, salah satu produsen peralatan rumah tangga dunia mengumumkan perusahaannya sebagai sponsor resmi Kejuaraan Sepak Bola AFF Suzuki Cup 2020.

Penyelenggara Event Soloraya Tunggu Izin Pernikahan dan Konser

Penyelenggara event Kota Solo dan sekitarnya menunggu realisasi izin konser dan kegiatan besar lainnya selama pandemi Covid-19.

Sempat Anjlok, Harga Telur di Solo Berangsur Normal

Harga telur ayam ras di pasar Solo berangsur normal yakni Rp17.500/ kilogram (kg) di level agen, dan Rp20.000/kg di pedagang, Senin (27/9/2021).