UMKM SOLO : Ini 3 Kendala Utama Pelaku UMKM

UMKM SOLO : Ini 3 Kendala Utama Pelaku UMKM

SOLOPOS.COM - BDG Art and Craft Expo 2015 di Graha Manggala Siliwangi Bandung, , Rabu (22/4/2015). (Rachman/JIBI/Bisnis)

UMKM Solo, ada tiga kendala dalam usaha pelaku UMKM.

Solopos.com, SOLO--Permodalan, promosi hingga akses pendaftaran hak atas kekayaan intelektual (HAKI) masih menjadi kendala yang dihadapi para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dalam pengembangan industri kreatif.

Dibutuhkan intervensi pemerintah agar industri kreatif bisa bertahan dan berdaya saing tinggi. Hal itu mengemuka dalam diskusi yang digelar Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) di ruang Manganti Praja Kompleks Balai Kota Solo, Jumat (15/4/2016). Kegiatan diikuti para pelaku UKM dibidang kreatif se-Kota Solo.

Komunitas Gerakan Orang Muda Peduli Sampah (Gropesh) Solo, Denok Marti Astuti, menuturkan selama ini kerap terkendala persoalan permodalan dalam pengembangan produk kerajinan dari sampah. Padahal sampah memiliki nilai ekonomi tinggi yang bisa menghasilkan sebuah produk kreatif. Namun tak hanya modal, keberlangsungan promosi produk juga menjadi kendala tersendiri. “Kami tidak berhenti pada produk yang dihasilkan saja, tapi bagaimana kelanjutan pemasarannya. Kendala ini yang kerap kami hadapi,” ungkapnya.

Saat ini, dia mengatakan industri kreatif dengan memanfaatkan sampah sebagai bahan utama, banyak diminati masyarakat. Dengan memanfaatkan sampah plastik misalnya, jika dikreasikan sedemikian rupa bisa menjadi barang yang bermanfaat. Selain itu juga dapat meningkatkan nilai jual sampah plastik itu sendiri. Contoh kerajinan tangan yang dibuat dari sampah plastik adalah tas cantik yang unik dan tidak kalah cantik dengan tas berbahan dasar kain.

“Kami terus memberi edukasi kepada masyarakat untuk peduli sampah menjadi nilai ekonomi tinggi. Namun modal dan promosi inilah yang kami butuhkan,” kata dia.

Pihaknya juga mengeluhkan sulitnya mengakses untuk pendaftaran HAKI. Memulai bisnis dan menjalankannya tanpa memperhitungkan perlindungan terhadap HAKI adalah sebuah kesalahan. Hal itu dapat membuat karya atau pun kreasi para entrepreneur bersangkutan dapat dicuri dengan mudah.

Dalam dunia bisnis, HAKI menjadi elemen penting karena dapat memberikan keunggulan berkompetisi di industri kreatif. “Oleh karena itu, kami ingin dipermudah dalam pengurusan HAKI,” katanya.

Farid dari Molen Crunchy juga terkendala tempat produksi yang belum representatif. Di sisi lain permintaan konsumen cukup tinggi. Ia juga berencana mengembangkan bisnisnya dengan membuka cabang di luar kota, namun terkendala permodalan.

Komunitas Fotografi, Bon Hidayat mengatakan fotografi menjadi salah satu industri kreatif yang saat ini tengah menggeliat. Namun dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) ini, para pelaku ekonomi kreatif bidang fotografi terkendala sertifikasi profesi. Pengurusan sertifikasi profesi untuk fotografer sejauh ini hanya bisa dilakukan di Jakarta dan Bandung.

“Kami berharap Bekraf bisa memfasilitasi. Artinya pengurusan sertifikasi bisa dilakukan di Solo,” katanya.

Direktur Akses Perbankan Bekraf, Restog K. Kusuma, mengatakan Bekraf memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif di seluruh Indonesia dan menarik pelaku ekonomi kreatif baru. Peningkatan kapasitas dari masing-masing komunitas melalui pelatihan dan pembinaan serta mendukung permodalan dari tiap pelaku ekonomi kreatif.

“Ada 16 subsektor ekonomi kreatif yang dibiayai Bekraf, di antanya kuliner, kerajinan, fashion, aplikasi dan game online, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk. Selain itu film, fotografi, musik, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, televisi dan radio,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Bupati Karanganyar: Takbiran Keliling Dilarang, Takbiran di Masjid Saja

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, melarang takbiran keliling. Sebagai gantinya takbiran hanya boleh dilakukan di dalam masjid dan musala.

Dinkopnaker Boyolali Klaim Masalah THR Pan Brothers Sudah Tuntas

Dinkopnaker Boyolali mengklaim masalah pembayaran THR yang diprotes karyawan PT Pan Brothers sudah selesai melalui kesepakatan bersama.

Seorang Anggota DPRD Grobogan Ditangkap Polisi Gegara Ganja

Pengakuan tersangka menggunakan barang haram tersebut karena selama ini mengalami gangguan sulit tidur.

Wanita Solo yang Kembalikan Uang Rp20 Juta ke Pemilik Dipuji Ustaz Yusuf Mansur

Wanita asal Solo ini dapatkan pujian dari Ustaz Yusuf Mansur karena mengembalikan uang puluhan juta yang hilang

Kisah 11 Pemudik Ngumpet di Mobil, Ketahuan Polisi di Bekasi

Kanit Turjawali Polres Metro Bekasi, Iptu Supanta, mengatakan minibus itu hendak mudik ke Cilacap, Jawa Tengah.

Hari Kedua Pelarangan Mudik, Angkutan Barang Dominasi Tol Sragen

Sejumlah kendaraan pribadi dari luar Jawa Tengah terjaring penyekatan di Jembatan Timbang Sambungmacan pada Jumat pagi.

Tak Ada Penumpang Turun di Terminal Ir Soekarno Klaten Sejak Kamis Malam, 23 Bus Nganggur

Puluhan unit bus diparkir di Terminal Ir Soekarno Klaten menyusul adanya larangan mudik Lebaran 6-17 Mei sehingga tidak bisa beroperasi.

Sebar Hoaks Tank TNI untuk Halau Pemudik, Warga Diciduk

Kapendam Jaya, Kolonel (Arh) Herwin BS, mengatakan tank di Jalan Raya Narogong, Cileungsi, Bekasi, itu digunakan untuk keperluan latihan.

Libur Lebaran, TSTJ dan Taman Balekambang Solo Tetap Buka Lho!

Taman Satwa Taru Jurug atau TSTJ dan Taman Balekambang Solo akan tetap buka pada momen libur Lebaran tahun ini. Pasalnya, Pemkot Solo tak melarang wisata beroperasi.

Pasutri Bawa 2 Anak Balita Mudik Jalan Kaki dari Gombong ke Bandung

Saat ditemui di sekitar Jl. Ahmad Yani, Ciamis, Dani, 39, dan istrinya Masitoh Ainun Lubis, 36, membawa kedua anaknya Manta, 3, dan Hanum 1,5.

Menko Airlangga Apresiasi Dedikasi TNI Dalam Penanganan Covid-19

Upaya menekan kasus Covid-19 ini harus terus dilakukan dengan kedisiplinan menegakkan protokol kesehatan.

2 Pemudik Positif Covid-19 Terdeteksi Berkat Kesigapan Satgas Jaga Tangga Serengan Solo, Begini Ceritanya

Dua pemudik asal Tangerang terdeteksi positif Covid-19 setelah lolos penyekatan berkat kesigapan Satgas Jaga Tangga wilayah Serengan, Solo.